Sabtu, 24 Maret 2018

BUBUR MUTIARA JAJANAN MURAH MERIAH

Bubur mutiara susu putih
dok.pri


Pulang dari menjemput si kecil, saya membuat bubur mutiara. Membuat bubur mutiara sendiri, harganya lebih murah dan lebih bersih.

Saya hanya memerlukan satu bungkus mutiara Cap Kucing dan air untuk merebusnya. Mula-mula 2 gelas kecil air dimasak sampai mendidih. Setelah mendidih, mutiara dimasukkan dan diaduk sebentar lalu api dikecilkan. Sesekali diaduk sampai bagian bawah untuk mencegah gosong/kerak.

Setelah mutiara kelihatan bening, api dimatikan dan bubur didinginkan lebih dahulu. Waktu memesak bubur mutiara, saya tidak menambahkan gula/pemanis. Jadi bubur mutiara rasanya tawar.

Agar bubur terasa nikmat untuk disantap, saya memakai susu kental manis putih pengganti kinca santan dan gula jawa. Di samping karena tidak menyiapkan santan, saya mencoba sesuatu yang baru. Biasanya bubur mutiara disajikan bersama kinca santan gula jawa.

Rasanya memang mantap! Lebih mantap bila disajikan dingin. Satu bungkus mutiara harganya dua ribu rupiah dan satu saset susu kental manis harganya 1500 rupiah. Bubur mutiara ini bisa dimakan untuk 4 orang. Dengan catatan, bubur mutiara dimakan seperti mengkonsumsi dawet memakai mangkok dawet.

Kalau saya bisa membuat, tentu Anda juga bisa membuat bubur mutiara versi Anda sendiri. Selamat mencoba!

Karanganyar, 24 Maret 2018