Selasa, 22 Mei 2018

KEBUTUHAN AIR UNTUK TUBUH ORANG DEWASA

Manusia memerlukan air untuk tubuhnya. Kebutuhan akan air untuk tiap orang berbeda-beda tergantung umur, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan. Orang dewasa memerlukan air untuk tubuhnya antara 2-3 liter per hari. Jumlah tersebut bukan berarti kita dapatkan dalam bentuk air saja, melainkan juga dalam bentuk buah-buahan dan sayuran.


Bila kita kekurangan air maka tubuh akan lemas dan lebih parahnya lagi berada pada tingkat dehidrasi. Kalau sudah masuk dalam kategori dehidrasi, maka kita memerlukan cairan pengganti dengan segera. Cairan pengganti ini berisi garam dan gula yang biasa disebut oralit.

Meskipun kita memerlukan air dalam jumlah banyak, tapi tidak boleh berlebihan. Bila berlebihan mengkonsumsi air, tubuh juga akan lemas. Hal ini disebabkan garam banyak yang larut dalam air sehingga kadar garam dalam tubuh menurun. Dengan demikian, tubuh akan terasa lemas bila kekurangan air.

Sebaiknya, kita mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan aktivitas, bukan dalam jumlah berlebihan. Tidak mudah mengkonsumsi air sebanyak 2-3 liter per hari. Kita memerlukan strategi agar kebutuhan 2-3 liter air tersebut dapat terpenuhi. Kita bisa mencicil minum air dalam setiap hari, disesuaikan dengan aktivitas yang kita lakukan. Yang penting tubuh kita tidak kekurangan.

Waktu minum air, bisa juga disesuaikan, yaitu 1 gelas air bangun tidur, 1 gelas air sebelum melakukan aktivitas pagi.  Antara jam 08.00 – 15.00, 3 gelas air dan antara jam 16.00 – akan tidur sekitar 3-5 gelas, atau menyesuaikan.

Sebaiknya yang kita minum adalah air putih. Akan tetapi bila ada minuman lain selain air putih yang kita konsumsi, boleh-boleh saja. Perlu diketahui, sebaik-baik air yang kita minum adalah air putih.

Saya minum air putih biasanya dalam keadaan hangat. Saya tidak suka minum air putih dalam keadaan dingin. Demikian juga minuman yang lain, saya mengkonsumsinya dalam keadaan hangat. Minuman hangat, bagi saya sangat menyegarkan tubuh. Mungkin, Anda berbeda pendapat dengan saya, silakan!

Yuk, konsumsi air secukupnya. Mulai sekarang!