Sabtu, 30 Juni 2018

BERAPA RUPIAH UANG YANG HARUS DITABUNG TIAP HARI?


Berapa rupiah uang yang harus ditabung tiap hari untuk anak sekolah? Jawabannya adalah relatif, tidak sama antara anak satu dengan yang lain. Hal ini melihat dari jumlah uang saku setiap hari dan kebutuhan anak di sekolah.
Minimal Rp. 500,00 untuk anak-anak SD. Bisa jadi tiap hari menabung lebih dari itu. Yang penting tiap hari menabung. Bila uang sakunya banyak dan diberikan mingguan/bulanan maka jumlah tabungan juga disesuaikan.
Baik anak-anak SD, SMP dan SMA sebaiknya diajari mengelola uang secara harian, mingguan atau bulanan. Anak-anak diberi contoh untuk menggunakan uang secara bijak dan penuh tanggung jawab.
Uang saku untuk anak SD, SMP dan SMA ini sebaiknya jumlahnya cukup. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Kadang-kadang uang saku bukan hanya digunakan untuk jajan. Uang saku bisa dipakai untuk keperluan di sekolah secara mendadak.
Selain dari uang saku, uang tabungan juga bisa didapatkan anak-anak dari “mereka bekerja”. Mungkin anak-anak berjualan makanan kecil/minuman di sekolah, sebagian dari keuntungannya bisa ditabung. Ada juga yang mendapatkan upah dari membantu seseorang. Upah yang diperoleh bisa ditabung.
Yang penting adalah anak harus memiliki sejumlah tabungan. Jangan sampai anak tidak memiliki tabungan sama sekali. Bila anak-anak belum memiliki tabungan, sebagai orang dewasa mari kita wajibkan anak untuk menabung mulai sekarang.
Jangan pernah bilang menabung itu kalau punya uang, kalau tidak punya uang ya tidak usah menabung. Ubah pikiran kita menjadi bagaimana caranya anak bisa menabung, meskipun jumlahnya kecil.