Jumat, 19 Oktober 2018

BERAT DI ONGKIR



AH TENANE
BERAT DI ONGKIR
Oleh: Noer Ima Kaltsum
Lady Cempluk lagi senang mengikuti giveaway, lomba menulis, kuis atau sayembara. Kalau sedang moodnya baik, syarat dan ketentuan yang rumit juga bakal dipenuhi. Kali ini Cempluk mengikuti sayembara seperti biasanya.
Sayembara tersebut diselenggarakan oleh Genduk Nicole, agen makanan, minuman kesehatan, alat kosmetik, dan perawatan wajah. Kebetulan syarat dan ketentuannya sangat gampang. Cempluk tinggal follow facebook Genduk, memberikan komentar mau, memberikan like status berisi sayembara tersebut dan membagikan status tersebut di berandanya.
Sebenarnya yang mengikuti sayembara ini cukup banyak, hanya saja kebanyakan pesertanya tidak memenuhi keempat syarat tersebut. Oleh karena syaratnya gampang inilah, maka pemenang didapatkan dengan cara diundi
Ada lima belas pemenang yang diambil. Masing-masing pemenang hadiahnya berbeda beda. Cempluk senang bukan kepalang begitu mengetahui dirinya mendapatkan hadiah. Cempluk dan pemenang lainnya diminta untuk konfirmasi lewat pesan WhatsApp.
Awalnya, Cempluk berpikiran apa pun hadiah yang akan didapatkan, dia menerima dengan ikhlas. Dan ternyata Cempluk mendapatkan hadiah berupa satu saset minuman kolagen dan satu saset masker beras.
Setelah pesan dibalas, Cempluk diminta untuk menuliskan alamat pengiriman. Genduk bilang kalau biaya atau ongkos kirim ditanggung pemenang. Cempluk sedikit kecewa, tapi tetap mentransfer uang sejumlah delapan belas ribu rupiah.
Iseng-iseng Cempluk mencari harga minuman dan masker tersebut. Ternyata total harganya hanya Rp. 28.000,00. Jon Koplo, suaminya bertanya, “Cari apa Bune, kok serius?”
“Ini loh, cari harga minuman dan masker. Ealah kayaknya dapat hadiah, ternyata ongkir ditanggung sendiri. Kalau diitung-itung, hadiah yang akan kuterima itu ibaratnya beli barang bebas ongkir,”kata Cempluk.
“Ya wis, sing penting dapat hadiah,”kata Koplo sambil tersenyum. Baru sekali ini dapat hadiah berat di ongkir.

*Dimuat di Solopos Jumat, 19 Oktober 2018