Sabtu, 02 November 2019

Menulis Resensi



Kegemaranku menulis diikuti dengan gemar membaca. Buku, majalah, koran, dan media sosial bisa kujadikan bahan bacaan. Namun, dari bacaan tersebut aku harus menyaring terlebih dahulu. Tidak semua bahan bacaan dan berita kuterima mentah-mentah.

Di antara bacaan tersebut, aku memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan aktivitas membaca buku. Membaca buku bisa aku cicil. Bila bukunya menarik dan aku membutuhkannya, secepatnya kuselesaikan membaca. Bila buku yang kubaca kurang menarik, aku harus menyelesaikannya dalam jangka waktu lama.

Agar buku yang telah kubaca bisa diingat lebih lama, biasanya aku membuat ringkasannya. Saat ini aku suka membuat ringkasan buku. Isi bukunya hanya diringkas saja. Ternyata meringkas buku lalu memberikan penilaian pada buku tersebut, bisa menghasilkan uang. Ah, benarkah itu? Benar. Bagaimana cara menghasilkan uang dari membaca buku dan membuat ringkasannya?

Ada 3 macam aktivitas setelah membaca, yakni membuat ringkasan, meresensi, dan meriview buku. Aku memilih meresensi bukunsetelahnmembaca.

Beberapa kali mengirim naskah resensi buku, belum ada yang dimuat, membuatku penasaran. Seperti biasanya, aku ingin menaklukkan sesuatu yang baru bagiku. Kupelajari lagi materi tentang meresensi buku. Kubaca buku yang akan diresensi berulang-ulang, agar yang kutulis benar-benar mewakili isi buku tersebut.

Ternyata syarat dan ketentuan meresensi buku agar bisa lolos di media antara media satu yang lain berbeda. Setelah memahami syarat dan ketentuan, aku kembali mengirimkan naskah resensi.

Senang rasanya, akhirnya tulisanku dimuat di koran Solopos. Aku meresensi buku berjudul AKU DISLEKSIA yang ditulis Diba Tesi Zalziyati. Buku AKU DISLEKSIA diterbitkan oleh Penerbit ANDI,  Yogyakarta.

Ada dua tulisan resensi buku yang dimuat di Solopos. Tulisan kedua adalah resensi buku antologi Ngeblog Seru Ala Ibu-ibu, diterbitkan oleh Penerbit Najmubooks. Pada akhirnya aku berpikir bahwa bila akan berhasil, aku tak boleh menyerah begitu saja saat belum berhasil.

#30hari300katanajmubooks
#catatanimapenulis
#berbagiinspirasi
#berbagiinspirasimenulis
#berbagiinspirasimotivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar