Rabu, 20 November 2019

Diet Itu Tidak Menyiksa (Sekadar Mengurangi Makan)


Diet Itu Tidak Menyiksa (Sekadar Mengurangi Makan)

Sebagian orang gemuk merasa baik-baik saja dan santai dengan kegemukannya. Sebaliknya, mereka yang melihat orang gemuk, kadang merasa kasihan. Mungkin pertama kali yang dilihat adalah berjalannya yang kesulitan. Yang kedua adalah tarikan napasnya seperti orang kelelahan. Yang ketiga kerepotannya ketika mau duduk, beranjak dari tempat duduk, dan berdiri dalam waktu yang lama.

Sebagian orang yang tubuhnya cukup besar, awalnya merasa baik-baik saja, mulai mengeluh rasanya berat membawa tubuhnya sendiri. Lutut dan kaki mulai sakit. Tubuh terasa tidak nyaman lagi. Ini baru keluhan secara umum.

Setelah cek kesehatan dan melihat hasilnya, barulah menyadari bahwa mereka harus mulai berubah. Kalau ada yang tidak normal dari hasil cek kesehatan, mereka baru mau bergerak. Mereka mulai mengurangi makanan dan minuman tertentu. Minimal pantang mengonsumsi makanan yang bisa memperparah sakitnya.

Memang sebaiknya setelah sadar bahwa tubuhnya tidak lagi sehat, harus segera mengubah pola makan. Sebenarnya berat badan berlebihan tidak terjadi begitu saja. Tidak mungkin orang berbobot 45 kg dalam waktu sebulan berat badannya naik menjadi 70 kg. Untuk menurunkan 25 kg berat badan, tidak bisa dilakukan selama sebulan tanpa efek samping.

Sebab itulah, cara menurunkan berat badan yang baik adalah dilakukan secara bertahap. Membuat program menurunkan berat badan dan melakukannya dengan baik adalah solusinya. Pilihlah diet alami tanpa menggunakan obat-obatan penurun berat badan atau pelangsing. Misalnya mengurangi porsi makan setiap hari. Mengganti makanan yang banyak mengandung gula dengan sayur dan buah. Olahraga ringan tapi teratur akan mendukung program diet.

Mengurangi konsumsi makanan secara bertahap lebih baik daripada melakukan diet ketat tanpa melihat kondisi tubuh. Bila ada sinyal-sinyal tertentu, tubuh menjadi tidak nyaman, tidak perlu langsung minum obat. Hentikan dulu program dietnya.

Contoh diet alami adalah mengurangi porsi makan nasi dan berusaha menahan lapar. Bila makan, cukuplah untuk menggugurkan rasa lapar dengan makanan yang bergizi. Tahan hingga beberapa jam seperti latihan puasanya anak-anak. Lalu makanlah sayuran dan buah.
Sesekali makan enak tapi jangan kalap. Secukupnya saja makan berbagai macam makanan.

Ada beberapa bahan makanan yang harus dikurangi atau ditinggalkan sama sekali, yakni:
1. Nasi putih
2. Gula pasir
3. Minyak sawit
4. Gandum dan produknya
5. Susu dan olahannya

Agar program diet bisa berjalan dengan lancar dan berhasil, mintalah dukungan dari orang terdekat atau bergabung dengan orang-orang yang menjalankan diet. Dengan demikian tidak ada perasaan sendiri dalam menjalankan program diet.

Niatkan diet agar badan tetap sehat. Bila efeknya adalah badan menjadi langsing, anggap saja itu bonus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar