Minggu, 02 Agustus 2020

Menjadi Jutawan Saat Umur 10 Tahun


noerimakaltsum.com. Ahsan, 10 tahun, memang berbeda dengan teman seusianya. Sejak kelas 1 SD Ahsan gemar memelihara ayam. Setelah kelas 3 SD dia ngotot ingin memelihara kambing. Tentu saja kambing tersebut dititipkan orang untuk dirawat. Ahsan tidak secara mandiri merawat, memberi pakan, membersihkan kandang dan memandikan kambingnya di sungai.

Akhirnya Ayah membelikan sepasang kambing jantan dan betina dan seekor anak kambing alias cempe menggunakan uang tabungan Ahsan sendiri. Meskipun kambing-kambing tersebut tidak berada di rumah, tapi Ahsan memiliki sedikit tanggung jawab dengan ikut mencari rumput.

Wabah covid-19 mengubah semua agenda sekolah. Ahsan harus belajar di rumah. Bahkan sampai saat ini, sekolah masih dengan pembelajaran jarak jauh. Selama belajar di rumah, ahsan lebih banyak menghabiskan waktu di desa.  Di desa itulah kambing-kambingnya dititipkan. Menjelang bulan puasa, kambing betinanya melahirkan anak. Jadi, kambing milik Ahsan 4 ekor.

Setelah lebaran, Ahsan mendapat uang angpao yang jumlahnya lumayan, 1,2 juta. Uang tersebut kutambah sejumlah 100.000 rupiah, untuk membeli seekor kambing jantan lagi. Kambing jantan yang pertama laku 2 juta rupiah. Ahsan mendapatkan bagi hasil 300.000 rupiah. modal dan keuntungan tersebut dibelikan seekor kambing lalu digemukkan untuk dijual sebagai hewan qurban.


Sehari sebelum Hari Raya Iduladha, 2 kambing jantan milik Ahsan lagi. Syukur Alhamdulillah, dari penjualan kambing dan beberapa ekor anak ayam miliknya, keuntungan yang didapatkan lebih dari satu juta rupiah.

Senang rasanya mendapatkan di kecil sudah punya cita-cita sebagai peternak sukses. Bahagia banget, di usianya yang masih sangat muda, Ahsan telah menjadi jutawan.  Semoga sekolahnya berhasil, menjadi anak sholeh, dan  sukses beternak.


Sebagai orang tua, aku hanya bisa mengarahkan, memberi dukungan, dan mendoakan untuk Ahsan. Semoga menjadi anak yang sholeh, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar