Sabtu, 08 Agustus 2020

Perlukah Tes Secara Online Pada Masa Pandemi Untuk Anak Kelas 4 SD?


noerimakaltsum.com. Emak itu memang kudu sabar di saat pandemi sekarang ini. Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ itu baik-baik saja dengan mempertimbangkan kondisi anak bila di rumah dan orang tua. Anak mau mengerjakan tugas dengan manis tanpa drama saja, emak cantik pasti sudah bahagia. Belajar dan mengerjakan tugas kudu menunggu moodnya anak.

 

Anak memang berubah setelah PJJ. Dulu waktu sekolah dengan tatap muka, anak nulis dan mengerjakan tugas di sekolah dia oke oke saja. Namun, berbeda dengan saat PJJ. Penuh dengan drama.

 

Menurut emak ini, penilaian sementara diambil dari tugas-tugas yang dikumpulkan dulu. Nggak perlu tes tes tes segala. La ini, KBM PJJ baru masuk (masuk google classroom) secara efektif 8 hari (waktu itu 25 Juli 2020), sudah tes Tema 1 Subtema 1, dan berbatas waktu. Tesnya juga secara online, nilainya langsung diketahui.

 

Bukannya emak  terlalu banyak mengeluh. Bukan itu! Mungkin emak yang lain juga melakukan hal yang sama. Mbok ya dinalar sedikit saja. Belum pernah masuk sekolah, materi pelajaran dibaca sendiri. Di rumah yang menerangkan orang tua. Pagi-pagi dapat pemberitahuan bahwa hari ini tes, waktunya sampai malam hari.  

 

Si emak curhat pada seorang kenalan. Kenalannya yang berprofesi sebagai guru olahraga ya bilang bahwa saat PJJ penilaiannya cukup diambil dari tugas-tugas dan portofolio. Tidak usah idealis, jangan menambah pusing orang tua.

 

Kondisi sekarang ini, yang penting semua bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai PJJ sudah banyak kendala masih menimbulkan protes sana sini.

 

Pagi tadi emaknya sudah berusaha merayu-rayu si peternak cilik. Mampukah emak yang satu ini menghadapi si peternak cilik? Ternyata tidak ada drama. Si peternak cilik menurut saja. disuruh mengerjakan juga tidak banyak protes.

 

Setelah selesai mengerjakan tes online, si peternak cilik langsung lari keluar rumah. Dia menuju kandang sapi dan kambing. Ternyata di kandang ada penghuni baru, yakni kambing Jawa berwarna hitam.

 

. #catatanimapenulis #ahsanpeternakcilik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar