Rabu, 21 April 2021

Melayani Les Privat Online dan Tatap Muka



Mengajar adalah kegiatan yang kulakukan sejak menjadi mahasiswa. Setelah lulus, aku mengajar di MA Ali Maksum Yogyakarta. Selain itu, aku juga memberikan les privat Kimia pada beberapa siswa. 


Tahun 2018 aku kembali menjadi guru privat setelah tidak lagi mengajar di sekolah. Alhamdulillah, Allah masih memberi kesempatan padaku untuk menyampaikan sedikit ilmu yang aku miliki. Sebagai guru, aku punya cita-cita agar anak didik dapat memahami apa yang telah aku sampaikan.


Dari beberapa siswa yang kuberi les privat, ada siswa yang sangat istimewa. Di sinilah tantangan sebagai guru les privat. Tetap sabar dan semangat dalam menjalankan tugas. 


Ada lagi siswa yang unik. Kalau aku datang ke rumahnya dan les akan dimulai  biasanya aku bertanya sudah membaca materi atau belum, apakah ada yang mau ditanyakan. Siswanya menjawab belum baca buku. 


Seperti biasa aku menyiapkan materi dalam bentuk cetak di kertas. Kusampaikan materi lalu tanya jawab. Latihan soal di buku dikerjakan. Waktu 90 menit sangat cepat, apalagi untuk mengerjakan latihan soal.


Hampir dua bulan ini, salah satu diswa ada yang menginginkan les privat secara online. Mekanismenya mudah, kok. Kami tidak melakukan kegiatan secara video call, melainkan melalui pesan suara atau pesan tertulis lewat WA. Ternyata siswa malah antusias dengan pembelajaran secara online, sebab dia merasa tak perlu membaca buku. Cukup mendengarkan suaraku. 


Tiap pertanyaan kuberikan juga dapat dijawab dengan benar. Setelah kuevaluasi ternyata siswanya lebih nyaman les secara online. Ya, sudahlah, senyamanmu saja. 


Dulu juga ada siswa yang bertanya kimia lewat WA, aku menerangkan lewat tulisan. Seperti biasanya aku membuat alur, tanda panah, dan tulisan agar mudah dipahami keterangan yang kusampaiksn. 


Les online ini juga dalam rangka memperkecil risiko penularan/penyebaran covid. Apapun bentuknya, mau tatap muka maupun online, oke saja. 


Bagi kamu yang mau les kimia secara online, bisa hubungi 082328716737.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar