Sabtu, 24 April 2021

Pamelo Si Jeruk Bali Nan Segar

 



Pertama kali melihat dan memanen langsung Pamelo alias jeruk bali, tahun 1982. Kebetulan rumah pemilik kontrakan memiliki pohon jeruk bali.


Alhamdulillah, ketika pindah ke Dukuh, banyak hal baru yang aku temui, termasuk makan jeruk bali ambil dari pohonnya langsung.


Beberapa hari yang lalu suami membawa pamelo. Saya membayangkan rasanya sedikit masam kepahitan. Ragu-ragu untuk makan jeruk bali. Ya, akhirnya saya buka juga. Setelah dicicipi ternyata rasanya manis dan segar. Alhamdulillah, separo buah untuk berdua. Jangan dibayangkan buahnya besar. Hari ini habis dimakan berdua, sebab ukurannya kecil. 


Jadi ingat waktu kecil. Jeruk bali dijual di warung berupa irisan kecil. Kadang mendapatkan buah yang rasanya masam kepahitan, masam, atau manis. Waktu itu kalau mau makan jeruk bali berarti tidak membeli jajanan lainnya. Sebab, sepotong jeruk bali harganya mahal. 


Biasanya jeruk bali yang kita beli dudah dikupas kulitnya. Kulit buah jeruk bali bisa digunakan untuk membuat mainan. Tentu saja mainan tradisional ini tidak asing bagi anak-anak. 


Kok, jiwa petani saya terus bergerak, ya. Tanam biji jeruk bali segera. Rawat dengan baik dan tunggu sampai berbuah. Siapa tahu hasil panenan bisa untuk dijual. Hahaha, jiwa bakul keluar.


#catatanimapenulis

1 komentar:

  1. Halo, nama saya SALSABILLA  ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditur palsu. Saya rugi sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000,. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak dan ibu saya. Aku sudah tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00
    Ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih atas kerja keras Tuhan yang baik dalam hidup saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada masyarakat Indonesia lainnya, bahwa di luar sana banyak penipu, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail. com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus