Selasa, 29 November 2022

Menyelesaikan Tulisan Bagi Penulis Pemula



Banyak orang yang ingin bisa menjadi penulis seperti mereka yang telah memiliki karya besar atau tulisannya dimuat di media-media. Semua bisa menjadi penulis, asal mau menulis. Syaratnya hanya mau menulis dan menyelesaikannya. Jadi, kalau menulis harus sampai selesai.

Contohnya menulis status pendek. Dalam sehari unggah beberapa status, yang penting tiap status ada pesan yang disampaikan. Setelah cukup mampu, tambah dong. Jangan hanya status pendek. Tulis sesuatu dalam beberapa paragraf.

Kalau sudah percaya diri menulislah dengan sedikit kesalahan dalam sekali duduk. Anda kemudian bisa menyimpannya beberapa hari, 24 jam, atau beberapa jam sebelum diunggah. Selanjutnya buka kembali tulisannya lalu sunting dengan cepat. Utamakan menggunakan kata baku dan tidak banyak menggunakan kalimat alay.

Tahap berikutnya adalah mengunggah tulisan. Kita bukan siapa-siapa, jangan  banyak berharap tulisan dilike, komen, apalagi share. Sabar, kita masih berproses. Yang penting sebar atau sampaikan yang bermanfaat.

Ingat: bagi pemula, berkomitmenlah untuk menyelesaikan setiap tulisan. 

00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar