Minggu, 23 Oktober 2016

BAKTI SOSIAL : Satu Langkah Kecil Memberi Manfaat Besar [Puma Peta - Akper Insan Husada]


Kali ini saya bersama suami dan Faiz berada di Dusun Bono, Plosorejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Untuk menuju  daerah Kerjo, rasanya banyaak kendala. Jalannya naik-turun dan melewati tikungan tajam. Saya bergabung dengan PUMA PETA RESCUE (Pencinta Alam, markas Karanganyar) dan AKPER Insan Husada Surakarta yang mengadakan bakti sosial (baksos). Baksos ini dilaksanakan pada hari Ahad, 23 Oktober 2016, tepatnya di SD Muhammadiyah.

Malam hari sebelum baksos, di masjid depan SD Muhammadiyah diselenggarakan pengajian akbar. Pagi harinya baksos dilakukan dengan 3 kegiatan, yaitu pengobatan gratis, pasar murah dan pembagian alat tulis untuk siswa TK dan SD setempat.
Menurut salah satu panitia, Mas Mursito, dana, alat tulis, obat-obatan dan lain-lain yang terkumpul berasal dari mahasiswa Akper, kalangan akademisi, masyarakat umum dan donatur.

Pelaksanaan kegiatan pengajian dan baksos ini berjalan dengan sukses berkat kerja sama dari mahasiswa, panitia dari Puma Peta, masyarakat, karang taruna, sekolah dan sebagainya.
Dengan mengambil tema :  Satu Langkah Kecil Memberi Manfaat Besar, diharapkan kegiatan baksos ini benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya.
Anak-anak, remaja, karang taruna, orang tua, ikut menyukseskan kegiatan ini. Khusus untuk pengobatan gratis, antusias masyarakat yang datang sangat luar biasa. Pelaksanaan baksos dari pagi hingga siang hari.
Saya sempat mengajak ngobrol pada 4 anak SD. Salah satu di antaranya mengatakan bahwa kedatangannya di acara ini karena sudah diberi tahu gurunya pada hari Sabtu. Orang tua mereka mengizinkan anak-anak masuk sekolah meskipun hari libur. Mereka merasa senang bisa mendapatkan alat tulis secara gratis. Kesan mereka adalah mereka puas dan senang bisa mendapatkan alat tulis secara gratis.
Pada pasar murah, 250 paket sembako disediakan oleh mahasiswa baru Akper pada saat ospek. Semua warga yang mendapatkan kupon, bisa menukarkan kupon dengan paket barang dengan harga relative terjangkau. Pelaksanaan pasar murah yaitu di depan masjid.
Untuk pengobatan gratis, ada tenaga medis yang terdiri atas dokter, bidan, perawat dan mahasiswa Akper. Yang dilakukan pada pengobatan gratis ini adalah periksa secara umum, pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol dan tekanan darah.
Rata-rata masyarakat puas dengan adanya kegiatan baksos ini. Mereka merasakan manfaatnya. Baksos yang diselenggarakan Puma Peta Rescue ini memang program rutin. Biasanya dilakukan di desa-desa yang dipandang sangat membutuhkan.
Semoga kegiatan baksos ini terus berlanjut dan benar-benar memberikan manfaat, amin.







* Foto-foto merupakan dokumen pribadi


Karanganyar, 23 Oktober 2016