Minggu, 15 Januari 2017

Berbagi Kamar Bersama serumah.com

Sumber gambar : serumah.com

Ketika duduk di bangku kelas XII di SMA negeri favorit, Ayah Alwan meninggal dunia karena kanker otak. Alwan adalah putra pertama dari kenalan saya. Ayah Alwan seorang kontraktor, sementara Ibunya hanya di rumah saja sebagai Ibu Rumah Tangga. Setelah Ayah Alwan meninggal, praktis tak ada pemasukan untuk keluarga Alwan.
Setelah lulus SMA, Alwan berhasil masuk di salah satu PTN di luar kota. Oleh karena akan kuliah di luar kota, maka Alwan harus mencari tempat kos dan memikirkan bagaimana makannya sehari-hari. Maklum, Alwan harus berhemat karena setelah Ayahnya meninggal, keluarganya hanya mengandalkan harta peninggalan Ayahnya.
Kebetulan kakak kelas Alwan ketika SMA ada yang kuliah di PTN yang sama. Mereka menawarkan pada Alwan untuk menempati kamar kost yang masih kosong dengan harga terjangkau (kalau dihitung-hitung per bulannya kurang dari lima ratus ribu). Kebetulan kamar yang ditawarkan bisa dipakai untuk berdua. Jadi bisa berbagi kamar dan biaya kamar  lebih murah karena satu kamar bisa ditanggung berdua. Tempat kost mereka sekitar Bintaro.
Bersyukur, Alwan tak perlu repot-repot mencari tempat kost yang dekat dengan kampus. Untuk biaya makan sehari-hari, rasanya tidak mahal. Alwan sungguh sangat beruntung karena Ibu kostnya juga baik hati. Jarak antara tempat kost dan kampus bisa ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 15 menit.
Teman saya yang lain, anaknya juga diterima di PTN yang sama dengan Alwan, tapi jurusan dan jenjangnya berbeda. Berbeda dengan Alwan yang diberikan kemudahan untuk menempati tempat kost, anak teman saya yang satu ini (sebut saja Melati) harus mencari tempat kost sendiri ketika masih di Solo. Melati mencari tempat kost lewat sebuah website.
Ketika akan menjalani Ospek, Melati harus merogoh uang untuk biaya tempat kost selama 1 bulan (karena belum mendapatkan tempat kost yang dekat dengan kampus). Di tempat ini, kamarnya sempit.
Setelah Ospek selesai, Melati pindah ke tempat kost lain yang lebih dekat kampus dan kamarnya lebih luas.  Ada harga ada pilihan kamar. Di tempat ini memang kamarnya lebih luas dan nyaman, jarak antara tempat kos dan kampus sangat dekat, keamanan terjamin dan harganya relatif lebih mahal (per tahun tiga belas juta rupiah) per orang. Jadi kamar tersebut mau dipakai seorang diri atau berdua, per orang membayar tiga belas juta per tahun.
Sebenarnya bila kita tidak mendapatkan rekomendasi dan referensi dari orang lain untuk mendapat tempat kost yang pas, kita bisa mencari tahu lewat serumah.com. Apakah Anda belum tahu tentang serumah.com?  Yuk, kita berkenalan dengan serumah.com! Berikut informasi mengenai serumah.com:
1.      Apakah serumah.com itu?
Serumah.com adalah platform yang menghubungkan pengguna untuk mencari teman sekamar dan berbagi kamar. Mereka yang ingin berbagi kamar sewa (sharing room rent) bisa mengiklankan kamar mereka di serumah.com dan mencari roommate. Target utama pengiklan kamar di serumah.com adalah mereka yang menyewa kamar sewa dan membutuhkan teman untuk sharing biaya sewa bukan pemilik kost/property lainnya.
Sumber gambar: serumah.com

2.      Apa saja fitur serumah.com?
Ada tiga fitur utama di website serumah.com, yaitu:
a.       Penyewa yang ingin mencari teman patungan sewa
Mereka dapat mengiklankan tempat tinggal mereka (apartemen, kos dan juga rumah sewa) dan mencari calon penyewa. Dapat dilihat di link berikut : http://serumah.com/en/submit-room-ad/ . Namun Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu sebagai user di http://serumah.com/register//
b.      Pencari tempat tinggal (apartemen, kost, rumah sewa) dapat mencari properti yang mereka butuhkan sesuai budget (price range) dan juga lokasi (Map Function). Dapat dilihat di link berikut:  http://serumah.com/en/find-room/
c.       Pencari Roomate yaitu mereka yang ingin mencari teman untuk tinggal bersama dan berbagi biaya tempat tinggal bersama dengan orang lain (baik itu housemate, roommate, kostmate atau flatmate). Dapat dilihat di link berikut : http://serumah.com/en/search-people/ lalu pilih “orang yang mencari teman sekamar/people looking for a room”.
Pada halaman  http://serumah.com/en/search-people/ Anda juga akan menemukan opsi “orang yang mencari penyewa/people looking for a tenant”. Pada menu tersebut Anda akan menemukan profil penyewa yang ingin mencari teman patungan sewa yang mengiklankan properti yang mereka tempati (kost, apartemen, rumah sewa).
Saat ini khususnya di kota besar seperti Jakarta, trend berbagi kamar (room sharing) semakin hype. Serumah.com ingin memfasilitasi mahasiswa dan juga professional muda yang mencari roommate (teman sekamar) untuk dapat menggunakan fitur dari website serumah.com.
3.      Mengapa harus serumah.com? Kenapa tidak? Situs serumah.com merupakan jawaban mudah bagi mahasiswa dan professional muda yang merantau dari kota asal yang mencari tempat tinggal dan teman sekamar berdasarkan preferensi mereka. Dan lagi, mayoritas masyarakat Indonesia adalah pengguna mobile phone sehingga serumah.com telah pastikan bahwa serumah.com sangat mobile-friendly tanpa mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi. Serumah.com tidak menutup kemungkinan untuk membuat aplikasi tetapi lebih mudah jika pengguna tidak perlu download aplikasi.
4.      Serumah.com tidak memiliki fokus golongan/kelompok tertentu karena serumah.com ingin melibatkan semua jenis.  Serumah.com ingin membantu mereka yang di kelas menengah dan ke bawah ataupun “middle income” dan “low income” group, khususnya mahasiswa dan professional muda yang baru memulai pekerjaan di kota besar dengan adanya fitur berbagi ruangan (roomshare/flatshare). Price range yang ditawarkan di menu berkisar antara Rp. 0 hingga Rp. 10.000.000,00 karena serumah.com percaya bagi golongan seperti mahasiswa dan professional muda yang tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, range tersebut memudahkan mereka memilih harga sesuai budget mereka. Dan menyewa kamar adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan dengan baik.
Apakah Anda masih ragu? Ada 4 alasan harus mencoba berbagi kamar lewat serumah.com, yakni: Mudah dan praktis, Efisien, Hemat biaya, dan Spesifik.
Semoga bermanfaat.