Rabu, 06 September 2017

MENULIS BUKU KUMPULAN CERITA ANAK


Tidak mudah untuk membuat cerita anak, tapi bukan berarti tidak mungkin. Kalau kita konsisten menulis setiap hari, Insya Allah bisa. Menulis yang dimaksud di sini adalah menulis cerita anak.
Tekad yang kuat akan memberikan hasil yang optimal. Bagaimana bisa menulis cerita anak setiap hari? Tulis saja cerita anak yang ringan dan tidak terlalu panjang. Kita bisa menargetkan setiap hari satu cerita sepanjang 2 halaman penuh.
Kalau sudah konsisten menulis setiap hari, lalu kumpulkan dan jadikan satu menjadi kumpulan cerita anak. Ternyata mudah!  Ada faktor yang membuat kita giat untuk menyelesaikan tulisan/cerita anak. Salah satu faktor  yang menyukseskan kita dalam menyelesaikan kumpulan cerita anak adalah dukungan dari orang lain.
Dukungan dari orang lain sangat kita perlukan. Setiap penulis, biasanya mempunyai pasang surut dalam menulis. Kadang penulis bisa menggebu-gebu dalam menulis. Akan tetapi tak jarang penulis mengalami rasa bosan. Nah, dukungan orang lain inilah yang membuat kita untuk segera menulis lagi.
Kalau sudah berhasil menulis kumpulan cerita anak, maka langkah selanjutnya adalah membukukan. Tujuan membuat buku kumpulan cerita anak adalah agar karya kita bisa dinikmati oleh orang lain. Kalau kita kesulitan untuk menembus penerbit mayor, maka kita bisa menerbitkan buku secara mandiri (indie).
Menerbitkan buku secara Indie merupakan pengalaman yang sangat berharga karena semua yang menangani kita. Mulai dari mengedit tulisan, mendesain, membuat lay out, biaya, pemasaran dan lain-lain, yang menangani kita sendiri.
Kalau sudah menerbitkan buku kumpulan cerita anak, kita wajib berdoa semoga usaha kita berhasil, penjualan buku laris manis dan siapa tahu tulisan kita dilirik penerbit mayor. Harapan saya, saya bisa lebih maju lagi dalam bidang penulisan.
Semoga bermanfaat.

Karanganyar, 6 September 2017