Kamis, 11 Januari 2018

KANTIN SEKOLAH

Tahun ajaran baru, kantin lama dengan pengelola baru. Menu baru, masakan serba enak, murah meriah terjangkau kantong siswa. Yang paling penting, pelayanan baik dan pengelolanya ramah.

Beberapa bulan setelah kantin dikelola oleh orang luar, saya semakin merasa tidak akan kelaparan meskipun dari rumah belum sarapan. Saya tergantung pada kantin, untuk sekadar makan nasi bandeng (dua ribu rupiah) dan gorengan.

Masakan/sayurnya juga gonta-ganti tidak monoton hanya soto saja. Apalagi kalau ada yang bilang sebelumnya, besok menunya apa gitu, saya tinggal mengikuti. Kantin sekolah juga menerima pesanan makanan dari bapak/ibu guru.

Saya suka pelayanan di kantin sekolah. Kadang-kadang, karena saya sering membeli dalam jumlah besar, saya diberi potongan. Saya paling suka dengan gorengan yang masih hangat dan karak lempeng gendar.

Anak-anak juga betah kalau berada di kantin. Sebagai guru yang bertanggung jawab tapi tetap tidak menyinggung pengelola kantin, tiap jam-jam pelajaran, saya selalu tegas. Anak-anak saya minta untuk segera meninggalkan kantin setelah membayar. Biasanya anak-anak tidak protes, pengelola kantin pun maklum.

Karanganyar, 11 Januari 2018