Selasa, 30 Januari 2018

LIMA KIAT SEDERHANA UNTUK TETAP SEHAT

Silaturahmi
dok. Nur Aufi Syatta

noerimakaltsum.com. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sepertinya pepatah itu sudah sering kita dengar. Ada yang mengatakan,”tidak punya uang tidak masalah yang penting tubuh kita sehat.” Ya, sehat adalah urutan pertama dalam skala prioritas. Untuk mendapatkan tubuh tetap sehat, ada beberapa kiat sederhana, di antaranya adalah:
1.    Makan dan minum secara teratur
Makan secara teratur, dua kali atau tiga kali sehari membuat tubuh menjadi segar dan tidak loyo. Saya biasa sarapan pagi meskipun dengan menu seadanya. Nasi putih, sambal dan telur dadar pun sudah menguatkan tubuh saya. Saya biasa mengkonsumsi teh panas. Jadi, kalau pagi hari belum minum teh rasanya ada yang kurang dan kepala pusing.

Siang hari dan sore makan nasi dengan porsi kecil. Bagi saya yang penting sayur dan lauknya juga mencukupi (gizinya cukup). Saya tidak suka ngemil, jadi tubuh saya tidak banyak menimbun sesuatu. Bila ada kurma, saya lebih suka makan kurma daripada camilan lainnya.

2.    Olahraga yang teratur
Bagi Ibu-ibu bekerja di luar rumah dan tidak memiliki asisten RT seperti saya, masih sempatkah berolah raga? Insya Allah, saya masih sempat berolahraga jalan kaki. Tentu saja bolak-balik dari kantor ke kelas dan sebaliknya, merupakan olahraga ringan yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Bila di rumah, saya mengusahakan jalan santai di depan rumah di dekat sawah. Bukan masalah lama atau sebentar dalam berolahraga tapi lebih ditekankan pada rutin dan konsisten.

3.    Istirahat secukupnya
Yang dimaksud istirahat di sini adalah tidur. Saya menyadari, usia saya sudah tidak muda lagi. Saya sudah mulai membatasi aktifitas yang menguras tenaga. Saya membatasi kerja lembur yang membuat saya kurang tidur. Antara bekerja di luar rumah, melakukan kegiatan RT dan istirahat harus seimbang. Seimbang bukan berarti waktunya sama.

Waktu istirahat cukup bukan berarti lama, yang penting berkualitas. Selain hari Sabtu dan Ahad, saya jarang tidur siang. Hari Sabtu dan Ahad, saya bisa tidur siang barang 30 menit – 1 jam.

Setiap hari saya membatasi beraktifitas sampai jam sepuluh malam saja. Setelah itu berangkat tidur agar bisa bangun lebih awal. Tidur lebih awal lebih baik daripada berangkat tidur lebih larut. Pengalaman saya, tidur selama 5 jam, mulai pukul sepuluh malam lalu bangun pukul tiga pagi, badan terasa segar. Akan tetapi bila mulai tidur jam dua belas malam lalu bangun jam lima pagi, badan terasa loyo dan mata terasa panas.

4.    Refreshing
Setiap hari beraktifitas, tentu tubuh merasakan lelah. Setelah setiap hari istirahat yang cukup, saya juga perlu refreshing agar ada sesuatu yang baru menjadi penyemangat. Refreshing juga bermanfaat untuk mempererat kedekatan secara emosional dengan suami dan anak-anak. Biasanya kalau suami atau anak-anak sepulang dari refreshing mengagendakan untuk refreshing lagi, artinya kegiatan ini sangat bermanfaat dan mereka puas. Kegiatan positif ini menjadikan jasmani dan rohani tetap sehat.

5.    Silaturahmi
Satu lagi kiat agar tubuh kita tetap sehat adalah silaturahmi. Silaturahmi bisa dilakukan dengan mengunjungi tetangga terdekat, saudara kandung, kerabat, teman kantor dan kenalan. Dengan silaturahmi maka umur kita bertambah panjang. Selama silaturahmi kita bisa berbagi cerita, berbagi pengalaman dan berbagi ilmu. Biasanya dalam silaturahmi juga ada unsur “berbagi sedekah” dan berbagi rezeki.
Ternyata untuk tetap sehat, tidak selalu dengan mengeluarkan biaya berlebih. Semoga 5 kiat tersebut bisa dipraktekkan dan bermanfaat.

Karanganyar, 30 Januari 2018