Rabu, 28 Februari 2018

JANGAN BIARKAN LOMBA BERLALU

foto dokumen pribadi

noerimakaltsum.com. Jangan biarkan lomba berlalu kalau kita sudah berniat untuk mengikutinya. Caranya adalah dengan membaca dengan cermat syarat dan ketentuan lomba. Bacalah syarat dan ketentuan lomba secara berulang-ulang. Dengan demikian kita benar-benar paham persyaratannya.

Jangan sampai, belum membaca syarat dan ketentuan, kita terburu-buru untuk bertanya. Kalau sudah tahu syarat dan ketentuan lomba, maka persiapkan materi dan syarat tadi. Kalau misalnya syarat lomba harus dengan membeli buku dengan ditunjukkan struk pembelian, ya penuhi saja.

Kalau diwajibkan berfoto ria sambil membawa buku atau benda tertentu yang dimaksud, ya berfotolah. Pokoknya harus memenuhi persyaratannya. Kalau ternyata barang yang dimaksud sulit kita dapatkan, berarti kita harus tahu bagaimana cara mendapatkannya (walaupun dengan susah payah).

Bila pembelian barang tersebut secara online, maka jauh-jauh hari dipersiapkan. Perlu diingat, barang yang kita pesan kadang-kadang sampai pada kita tidak secepatnya, tergantung dari jasa pengiriman barang.

Jangan sampai setelah kita menulis dan siap kirim ternyata kita belum melengkapi syarat dan ketentuan secara keseluruhan dan mepet DL. Bisa-bisa kita gagal mengikuti lomba menulis. Sayang, bukan? Rasanya kecewa, menyesal, marah jadi satu. Biasanya terus menyalahkan diri sendiri.

Mulai sekarang, siapkan segala persyaratan lomba menulis. Penting, mengirimkan naskah atau artikel atau materi lomba jangan mepet DL. Mengapa demikian? Sekarang zaman serba cepat dan mau mengirim tulisan cukup lewat email, WA, atau FB. Tentu saja kita memerlukan internet. Ingat, bila kita memerlukan internet, kita harus tahu dengan kondisi sinyal di daerah setempat. Kalau lancar, tidak masalah. Nah kalau lemot, gimana? Itulah, jangan mepet DL dalam mengirim naskah, agar tidak gatot alias gagal total.


Karanganyar, 28 Februari 2018