Kamis, 07 Juni 2018

BERAS SASET DAN GULA PASIR 1 ONS

Beras saset dan gula pasir 1 ons, sangat membantu untuk keluarga kurang mampu dan anak kos tentunya. 

Beberapa hari terakhir saya membaca berita tentang beras saset isi 200 gram cukup untuk 3 porsi makan. Bagus, bagus idenya. Bagi keluarga tidak mampu untuk membeli beras dalam jumlah banyak, keluarga dengan penghasilan harian minim, beras saset ini sangat membantu. (Asumsinya seperti itu).

Sebetulnya, sebelum ada beras saset, di warung-warung dekat rumah, kita dilayani untuk membeli beras 1 kg. Warung-warung melayani pembelian beras dalam jumlah sedikit sesuai permintaan pembeli.  

Waktu saya masih kecil, warung-warung menyediakan beras  1 kg-an. Dari 1 kg beras ini, bisa dimasak sesuai kebutuhan. bila anggota keluarganya banyak, beras 1 kg akan dimasak semua dalam satu hari. Bila anggota keluarganya sedikit, tentu 1 kg beras bisa dimasak 2-3 hari. 

Kemasan beras berbeda dengan gula pasir. Sekarang di warung-warung dekat rumah, paling tidak kemasan paling kecil berisi 1/2 kg gula pasir. Kalau di desa-desa, mungkin ada yang menjual gula pasir dalam kemasan 1/4 kg.

Waktu saya masih kecil, di warung-warung terdapat kemasan gula pasir seberat 1 ons, 1/4 kg, 1/2 kg dan 1 kg. Minum minuman manis, manisnya secukupnya saja, tidak berlebihan.  

Zaman telah berubah. Zaman boleh berubah, tapi saya tetap menerapkan ilmu kehidupan sehari-hari dari orang tua. Makan dan minum secukupnya, tidak berlebihan. 

Konsumsi beras dan gula untuk keluarga kami tidak banyak. Kebetulan, saya tidak membeli beras karena beras yang kami konsumsi adalah hasil panen dari sawah belakang rumah. Kebutuhan gula juga tidak terlalu banyak, secukupnya saja. Untuk gula, saya membeli kemasan 1 kg.