Selasa, 05 Juni 2018

DIKLAT CARA MEMBUAT MASTER SLIDE DI POWERPOINT

Cara membuat master slide di powerpoint itu mudah. Di sekolah, saya dan teman-teman mengikuti diklat selama dua hari. Penyelenggara diklat ini adalah STMIK Duta Bangsa Surakarta.

Tujuan diselenggarakan diklat ini adalah agar guru bisa membuat media pembelajaran. Kami langsung praktik membuat master slide di powerpoint. Narasumber memberikan instruksi, kami tinggal klik-klik tombol sesuai perintah.

Narasumber hanya memberikan sedikit materi secara tertulis, selebihnya adalah praktik. Kami, saya dan teman-teman yang mengikuti diklat, sebagian berusia sekitar 50-an tahun. Hanya ada 2 orang teman yang usianya kurang dari 30 tahun. 

Oleh karena faktor usia inilah maka kami tidak bisa berlari untuk memahami materi yang disampaikan. Bagi saya, penyampaiannya terlalu cepat. Lebih-lebih di fotokopi materi tidak ada tutorial step by step. Bila kita sudah ketinggalan, maka harus menunggu lagi sampai narasumber mempersilakan kami bertanya.

Seandainya ada tutorial step by step, kami bisa mempelajari dengan membaca lalu memraktikkannya dan mencocokkan sesuai dengan gambar/hasil yang ada. Bila ada kekeliruan, kami tinggal mengulang pada tahapan yang hilang jejaknya. 

Saya termasuk yang ketinggalan tapi bisa mengejar karena teman saya yang masih muda mau menunjukkan tahap-tahap membuat master slide. Alhamdulillah, saya akhirnya bisa membuat master slide di powerpoint.

Sebenarnya, tidak ada pelajaran baru yang sulit. Bila kita mau mempelajari sedikit demi sedikit ilmu baru dengan ikhlas dan tidak mengeluh, Insya Allah akan berhasil.

Beberapa judul master slide berhasil saya buat. Saya juga memberikan gambar/foto sebagai pemanis. Setelah master slide jadi, tugas kami selanjutnya adalah menyimpan. 

Untuk media powerpoint, saya sering membuat dan saya gunakan saat mengajar. Hanya saja, slide yang saya buat masih slide normal bukan master slide. Master slide dibuat dan digunakan untuk presentasi karena lebih menarik dan lebih praktis untuk ditampilkan.

Dalam diklat ini setiap peserta harus mengumpulkan tugas untuk membuat master slide. Selain itu, ada 3 orang yang diberi tugas untuk mempresentasikan hasil diklat membuat master slide. Dari ketiga teman saya, salah satunya memang sudah pandai otak-atik powerpoint. Bahkan materi untuk presentasi saat PPDB juga dibuat teman saya dan sangat menarik.

Kali ini saya tuliskan sekilas diklat membuat master slide di powerpoint. Semoga besok saya bisa menulis cara membuat master slide step by step. 

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar