Jumat, 13 Juli 2018

YANG TERJADI PADA OTAK BILA TAK TIDUR



Bila Anda termasuk pekerja keras, sayangilah tubuh Anda! Berilah waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat yang cukup. Istirahat secukupnya bukan berarti tidur dalam waktu yang sangat lama.

Bila Anda kurang tidur setiap hari atau dalam 24 jam tidak tidur sama sekali, maka tubuh Anda akan melakukan reaksi. Reaksi di sini bukan sesuatu yang positif melainkan negatif.

Efek dari kurang tidur di antaranya adalah badan terasa sempoyongan, kepala melayang, bahkan hilang konsentrasi hingga gerakannya di luar kontrol (nggliyer, bahasa Jawa).  Orang yang kurang tidur  atau tidak tidur akan kehilangan kemampuan sensorinya, khususnya visual. Orang jadi merasa melayang, tidak terkoneksi dengan dunia di sekitarnya.

Selain kepala melayang, dampak dari kurang tidur adalah mudah marah. Hilangnya waktu tidur memicu  orang berfokus pada pengalaman-pengalaman negatif, salah mengartikan ekspresi wajah, dan memicu konflik.

Mulai sekarang, silakan atur waktu tidur Anda. Beristirahatlah (tidur) dengan waktu secukupnya agar tubuh tetap bugar, bisa konsentrasi, tidak mudah marah dan tetap bahagia.

Semoga bermanfaat.