Senin, 24 September 2018

KONSISTEN MENJALANKAN SALAT DUHA

Salat duha adalah shalat sunah, bukan shalat wajib. Salat sunah artinya bila dikerjakan mendapat pahala dan bila ditinggalkan tak mengapa tapi kok rasanya sayang ya bila ditinggalkan. Oleh karena itu salat duha boleh dikerjakan.
Salat duha bisa dilakukan pada waktunya. Bila kita aktif bekerja di luar rumah, maka sebelum aktif bekerja, luangkan waktu untuk salat duha. Salat duha bisa dilakukan di rumah sebelum berangkat kerja atau di kantor.
Bila kita terbiasa salat duha, hati akan lebih tenang lagi. Niatkan salat duha mendapatkan rida dari Allah semata bukan ingin cepat kaya atau dibantu secara materi oleh Allah.
Bila kita rutin menjalankan salat duha, hikmahnya adalah Allah memberikan banyak kemudahan. Mengawali salat duha memang mudah, tapi untuk menjaga konsistensi masih terlalu sulit.
Untuk menjaga konsistensi, maka lakukan salat duha sesuai jadwal yang telah kita tentukan. Insya Allah, Allah akan memberi kemudahan kepada kita untuk melaksanakannya.
Kerjakan salat duha dengan jumlah rakaat semampu kita. Kalau kita memaksakan diri melaksanakan salat duha dengan jumlah rakaat banyak, suatu saat akan ada rasa bosan, kita lalu meninggalkannya.
Setelah salat duha, kita bisa berdoa dan meminta sesuatu pada Allah sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, doa yang kita panjatkan belum tentu dalam waktu relatif cepat akan dikabulkan.
Mungkin doa kita secepatnya dikabulkan, ditunda atau ditangguhkan dengan cara dikabulkan di surga. Yang penting niat kita benar. Kalau niat salat duha keliru, maka ketika doa kita tidak segera terkabul, kita akan marah, karena tidak sesuai dengan harapan kita.
Bagi orang yang bekerja di rumah, salat duha bisa dikerjakan, waktunya lebih fleksibel.  Biasanya setelah salat duha, berdoa lalu dilanjutkan membaca Alquran. Tentu saja pahalanya akan berlipat ganda.

Bagi yang belum mengerjakan salat duha, yuk salat duha mulai saat ini. Banyak hikmah yang bisa kita dapatkan setelah rutin mengerjakan salat duha. Kalau sudah tahu hikmah salat duha, pasti kita tidak akan meninggalkannya.