Minggu, 30 September 2018

TIPS MEMASAK DAUN PEPAYA RASANYA TIDAK PAHIT

Waktu masih kecil, Ibu membeli daun pepaya rebus ukuran satu kepal tangan orang dewasa. Sampai di rumah, Ibu membuat sambal gula Jawa yang rasanya manis pedas. Cara makan dengan daun pepaya dicocol ke sambal gula Jawa, lalu disantap. Ternyata daun pepaya tersebut rasanya tetap pahit. Rasa manis sambal, kalah dengan rasa pahit daun pepaya


Sejak saat itu, saya tidak mau makan daun pepaya. Apalagi tidak ada olahan istimewa dari daun pepaya. 

Nah, ketika saya  tinggal di Karanganyar, saya sering melihat orang mengkonsumsi daun pepaya sebagai sayur tambahan sambal tumpang, nasi pecel, nasi gudang dan lalapan. Suatu ketika, saya mencoba makan nasi tumpang dengan sayuran daun pepaya. Ternyata rasanya tidak pahit. Oleh karena tidak pahit, saya jadi gemar mengkonsumsi daun pepaya sebagai sayur terutama saat memberikan ASI untuk kedua buah hati saya. 

Bagi yang sudah berpengalaman memasak daun pepaya, untuk membuat daun pepaya rasanya tidak pahit, itu mudah. Ada yang menambahkan ampo atau tanah liat saat merebus daun pepaya. Ada juga yang menambahkan daun singkong dan garam saat merebus daun pepaya. Memang benar, kedua cara tersebut membuat daun pepaya rasanya tidak pahit.

Daun pepaya tersebut lalu diolah menjadi oseng-oseng ditambah tempe. Tidak sulit untuk mengolah daun pepaya menjadi makanan favorit keluarga. Bagi saya, ilmu bisa didapatkan dari siapa saja dan dari mana saja. Ilmu kuliner ini saya dapatkan dari pedagang yang membuka warung makan skala rumahan dan berada di pelosok kampung.

Kini, mengkonsumsi sayur daun pepaya tidak bagi takut rasanya pahit. Bila Anda belum pernah mencoba mengolah daun pepaya sebagai sayur, silakan mencoba tips di atas. Semoga berhasil dan kalau sudah matang, sayurnya bisa dibagikan ke tetangga.