Kamis, 08 November 2018

BISAKAH MENULIS BUKU ANAK?


Apakah saya bisa menulis buku anak? Bisa! Siapa bilang Anda tidak bisa menulis buku anak? Agar bisa menulis buku anak, tentu Anda harus tahu ilmunya. Bila sudah tahu ilmunya, lalu terapkan secepatnya, jangan menunda-nunda.

Menulis buku anak prosesnya sama dengan menulis buku pada umumnya. Bila telah diberikan ketentuan, seperti jumlah kata dan jumlah halaman, Anda tinggal mengerjakan. Ada syarat lain dalam menulis buku anak, yaitu kalimat-kalimatnya harus ramah anak. Bila ada gambar untuk mempermanis tulisan, hendaknya gambar tersebut juga ramah anak.

Anda bisa menulis buku anak dengan cara mencicil. Perlu Anda siapkan agenda pencapaian. Meskipun mencicil, tetap harus punya target untuk menyelesaikan. Anda harus memiliki deadline agar naskah buku cepat selesai. Misalnya Anda akan menulis buku anak berupa kumpulan cerita, maka tentukan jumlah judul cerita. Dari jumlah judul cerita tersebut, lalu menargetkan dalam sehari bisa membuat berapa cerita?

Seandainya belum ada rencana membuat buku anak, setidaknya Anda telah menuliskannya di buku. Bila setiap hari bisa menulis satu cerita secara konsisten, dalam sebulan sudah memiliki 30 cerita anak. Cerita anak tidak perlu panjang-panjang. Dalam satu cerita cukup 250-500 kata.

Yuk, menulis buku untuk anak yang ramah anak.