Rabu, 17 November 2021

PERJALANAN PANJANG SEORANG PENULIS

 


Kalau kamu ingin jadi seorang penulis, maka bersiaplah untuk menempuh perjalanan yang panjang. Perjalanan yang penuh liku-liku dan tak mengenakkan. Kamu akan bertemu dengan halangan, rintangan, titik jenuh, bosan, merasa tak dihargai, tidak maju, dan lain-lain. Jadi, sebelumnya siapkan mental terlebih dahulu agar kamu tidak mundur sebelum berperang.

Kalau kamu ingin jadi seorang penulis, hal pertama yang kamu lakukan adalah menulis, kedua menulis dan ketiga menulis. Lo, berarti menulis saja. Ya bosanlah! Hai, kamu mau jadi penulis. Nggak mungkin kamu buat adonan tempe mendoan atau adonan ayam krispi di depan laptop. Walaupun kamu mau menulis tentang resep makanan tapi kan tetap menulis.

Sebenarnya menulis itu gampang, kok. Tinggal menulis saja. Menulislah seperti menulis status di facebook atau media sosial lainnya. Tuliskan yang bermanfaat saja, yang kamu mengerti fan kamu bisa mempertanggungjawabkan. Kalau menulis isi hati boleh atau tidak? Boleh, asal jangan menyinggung perasaan orang lain. Menurutku, sama sama cuma menulis dan tak mengeluarkan biaya, tulis saja yang bermanfaat, yang menginspirasi orang banyak, dan yang bisa mendapatkan pahala.

Kalau kamu mau menulis, sebenarnya banyak keuntungan yang kamu dapatkan, baik materi maupun nonmateri. Lalu, kalau kamu belum punya pengalaman menulis alias penulis pemula, jangan sungkan baca artikel tentang menulis. Di sana kamu akan mendapatkan informasi lengkap. Menulis itu butuh kesabaran, teliti, dan jangan berharap akan mendapatkan sesuatu yang terbaik secepatnya atau instan. 

Kamu harus melalu banyak tahapan. Menulislah dengan hati, dihayati, dan tak perlu berkecil hati. Jangan kamu kira penulis hebat yang kamu kenal itu perjalanannya mulus. Mereka punya jalan sendiri dan jalannya juga panjang. Kemenangan dan suksesnya mereka karena istiqomah dalam menulis.

Jadi, kamu masih pingin jadi penulis atau nggak? Kalau masih ingin jadi penulis ya mulai sekarang menulis, tidak pakai nanti.

00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar