Selasa, 25 Januari 2022

Waspadai Kelainan Mata Makular Hole

Scan mata sebelum operasi.
Dok. Nur Aufi Syatta


Tiba-tiba adik saya bilang kalau mau operasi mata. Hah? Perasaan dia tak mengalami kelainan yang berarti. Memang adik saya memakai kaca mata minus dan silinder. Rasanya tidak begitu parah.

Ternyata oh ternyata dia merasakan ada kelainan pada penglihatannya. Apa-apa yang dilihat, bila fokus pada suatu gambar tertentu, gambarnya tidak jelas dan kelihatan seperti garis magnet yang terpusat pada satu titik. 

Tentu saja hal itu mengganggu. Setelah konsiltasi ke dokter ternyata kelainan mata tersebut adalah makular hole. Lalu apakah makular hole itu?

Macular hole merupakan kondisi dimana terdapatnya lubang pada makula. Makula itu sendiri merupakan salah satu bagian dari dinding belakang mata yang berfungsi untuk memberikan pandangan yang tajam.

Mengenai sebab terjadinya lubang ini bisa bermacam-macam, namun salah satunya adalah karena umur. Di dalam bola mata, terdapat cairan seperti gel yang menjaga keutuhan bentuk bola mata. Seiring bertambahnya usia, jumlah cairan dalam bola mata ini mengkerut. Salah satu bagian bola mata yang disebut makula tersebut, karena menempel pada gel, menjadi robek karena tertarik oleh gel yang mengkerut, dan terjadilah lubang. 

Diantara kondisi lain yang bisa menyebabkan macular hole adalah diabetes, cedera pada mata, minus yang terlalu tinggi. 

Sesudah operasi

 Operasi mata dilakukan, bahasa mudahnya bagian mata diberi gas agar bagian yang robek karena ketarik atau mengkerut kondisinya kembali normal. Gel secara alami diproduksi oleh bagian mata. 

Setelah operasi posisi tidurnya tengkurap atau duduk dengan menunduk. Tentu saja ini kaitannya untuk pemulihan. 

Pada kontrol pertama, adik saya diperlihatkan hasil scan setelah operasi. Syukur alhamdulillah. Kondisi makin membaik dan boleh tidur terlentang atau duduk posisi mata menatap ke depan (tidak menunduk). Namun demikian masih kabur penglihatannya. Semoga semakin membaik dan pulih. 

Sayangnya bincang-bincang kami berbatas waktu. Saya harus pulang ke Karanganyar dan adik saya harus istirahat. 

Tubuh sehat mahal harganya. Untuk itu harus banyak-banyak bersyukur. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar