Senin, 30 Mei 2022

Manfaat Berkomunitas Menulis


MANFAAT BERKOMUNITAS


Dua hari menghadiri pertemuan 2 komunitas yang berbeda, saya mendapatkan banyak ilmu baru. Yang pertama adalah komunitas alumni "84 SD Keputran 8 Yogyakarta (Kamis, 26 Mei 2022). Di sini saya mendapatkan manfaat, antara lain mempererat persahabatan dan memanjangkan umur. Sebab, komunitas alumni ini merupakan "tempat berobat", dokter-dokternya ramah, dermawan, dan dapat mengobati "jiwa-jiwa" yang sedang sakit. 🤣🤣🤣


Yang kedua adalah komunitas menulis IIDN Soloraya (Ahad, 29 Mei 2022). Di sini tempat saya belajar menulis, berkarya, dan menghasilkan uang. Dari sini saya belajar membagikan sedikit ilmu yang saya pelajari, berbagi info, dan belajar bersaing yang sehat. Saya banyak belajar tentang rezeki itu sudah tertakar dan tidak pernah tertukar. Tiap tulisan telah memilih jodohnya. 


Bagaimana menyikapi tulisan yang sama dengan orang lain tapi tidak terpilih dimuat. Bagaimana menerima kelebihan orang lain dan tidak mendengki. Saya tidak bisa memaksa Allah memberikan semua keinginan saya. 


"Ya Allah, aku harus menang lomba ini. Ya Allah, naskahku yang ini harus lolos."


Tidak bisa begitu. Sebab, penulis itu: menulis, mengirim naskah, lupakan. Lalu memantaskan diri dengan belajar menulis agar tulisan lebih berkualitas. 


Saya iri kalau teman-teman berani mengeluarkan sekian ratus ribu untuk mengikuti kelas menulis, lalu tulisannya tembus media atau lolos seleksi, dapat cuan dan balik modal. (Matre memang perlu)


Berkomunitas berarti membuka diri, ingin lebih pandai menulis. Apa hubungannya antara menulis saya dengan komunitas alumni? Ujung-ujungnya duit.


#catatanimapenulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar