Kamis, 12 Oktober 2023

Bertambah Shalih Setelah Berhaji

Di Mina Ujian dimulai


Setiap insan ingin berubah menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Demikian pula para jemaah haji. Jemaah haji yang telah pulang dari tanah suci sebagian menunjukkan perubahan yang signifikan.


Ada yang sebelum menunaikan ibadah haji, salat di rumah tidak berjemaah, tidak rutin membaca Alqur'an, sedekah ala kadarnya, dan amalan lain yang tidak begitu mencolok. Namun, orang tersebut ingin istimewa saat berangkat haji dan setelah pulang.


Alhamdulillah, pengalaman di tanah suci benar-benar bisa mengubah perilaku dan perbuatan seseorang menjadi lebih baik. Amal perbuatannya dijaga, lisannya dijaga, matanya dijaga, dan semua yang akan dilakukan benar-benar yang bermanfaat.


Sepulang berhaji semakin shalih. Salat berjemaah di masjid, berpuasa sunah, dzikir panjang, baca qur'an, lisannya baik, kepergiannya keluar rumah hanya untuk sesuatu yang diridhai Allah. Masya Allah! Allah menggerakkan hati dan niatnya untuk kebaikan.


Ternyata berubah menjadi lebih baik melalui proses yang panjang, lewat pengalaman spiritual yang tidak semua orang mengalaminya. Tentu saja setiap jemaah haji yang telah pulang ke tanah suci bisa istiqamah dalam beribadah. 


Semoga Allah memudahkan melewati perjalanan panjang ini. 


00000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar