Rabu, 23 Maret 2016

Power of Kepepet

Di antara waktu menerangkan pelajaran pada siswa, saya sering meluangkan beberapa waktu untuk diskusi tentang motivasi. Tujuan saya adalah agar siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran. Harapan saya dengan diskusi kecil pembahasan di luar materi pelajaran, membuat anak semangat.
Kali ini saya memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.  Misalnya, seseorang yang bermimpi. Mungkin mimpinya biasa-biasa saja, tidak istimewa. Mimpi ini menjadi istimewa karena ada sesuatu yang tak masuk akal terjadi begitu saja. Dalam mimpi tersebut seseorang mengikuti ujian, padahal dia merasa sudah lulus di tingkat tersebut. Dan yang terjadi adalah orang itu tak bisa mengerjakan soal, karena soalnya sulit. Setelah tak menemukan jalan keluar, beberapa saat kemudian orang tersebut menghadap gurunya. Ternyata guru di alam mimpinya adalah kawan lamanya. Maka kesulitan tersebut dapat diatasi.
Seseorang bepergian, di dalam mimpinya dia mutar-mutar tanpa tujuan, lupa arah jalan pulang. Lalu dia menemukan adanya jembatan yang biasa dilewati. Orang tersebut bisa pulang tanpa tersesat.
Yang ketiga, mungkin ini termasuk mimpi buruk. Di mana pun orang ini berada, selalu saja dikejar orang lain atau anjing. Orang tersebut berlari dan terus berlari. Sayang tenaganya hampir habis. Pada saat inilah, tiba-tiba dia bisa terbang dan tak bisa dikejar orang lain atau anjing. Usaha terbang ini saya menamakan power of kepepet. Artinya, pada saat kita terjepit dan mengalami jalan buntu ada jalan keluar yang tak kita sangka-sangka.
Demikian juga untuk siswa-siswa yang diberi tugas mengerjakan soal atau mengerjakan tugas lainnya misal membuat benda kerja, membuat power point, membuat proposal untuk tugas wirausaha. Merasa tidak bisa, dia menyerah begitu saja tanpa mau berusaha. Tapi menjelang DL, power of kepepetnya muncul. Siswa ini mendadak mendapatkan ide untuk melakukan ini itu. Ternyata dia bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Itulah power of kepepet.
Tidak ada siswa yang tak bisa melakukan apapun. Setiap siswa bisa melakukan suatu pekerjaan apabila dia sudah berusaha semaksimal mungkin. Perkara hasil usahanya baik atau tidak, yang penting dia bisa menyelesaikan tugas tepat waktu.
Power atau kekuatan itu akan muncul di saat kita benar-benar membutuhkan bantuan untuk usaha kita. Oleh sebab itu jangan pernah meragukan kemampuan Anda sendiri. Yakinlah, Anda pasti bisa melakukan suatu pekerjaan.
Seperti seorang penulis, yang memiliki komitmen untuk terus menulis. Penulis yang dikejar DL baik tulisan atau mengikuti lomba, power of kepepet ini biasa datang tiba-tiba.
Karanganyar, 23 Maret 2016