Kamis, 15 September 2016

Cara Aman Membawa HP

Cara Aman Membawa HP
Salah seorang teman guru kemarin ada yang kehilangan HP. Begitu ingat, dia langsung mengambil HP yang satunya. Harapannya, dia bisa mengecek apakah HP yang raib masih berada di sekitar kantor atau tidak. Sayang, baterainya drop jadi HP mati tak bisa dihubungi.
Saya juga menghubungi nomor HP teman saya tadi, tapi tidak ada nada sambung. HP dalam keadaan mati. Ceritanya, teman saya ini selalu memegang HP kalau tak ada kegiatan mengajar. Sebentar-sebentar membuka HP seolah ada berita penting yang masuk.
Berbeda sekali dengan saya. HP saya taruh di tas, laci atau dompet besar. Saya tak pernah membawa HP kalau mengajar. Kebetulan baju-baju yang saya buat tak memakai saku, jaadi terlalu repot kalau harus membawa HP.
Kekurangannya, saya sulit dihubungi suami, anak dan saudara-saudara saya dengan segera. Barulah ketika istirahat, saya membuka HP. Kalaupun ada pesan masuk biasanya berisi promo-promo. Untuk group WA, kadang saya hanya mengikuti saja tanpa ikut berkomentar. Hanya sesekali buka HP.
Saya usul mencari HP teman dengan cara membuka tumpukan-tumpukan buku, kertas atau apa saja. Katanya sudah dilakukan tapi hasilnya nihil. Saya heran, HP teman saya ini tidak pernah lepas dari saku atau tangannya. Bagaimana mungkin bisa raib?
Ya, karena sudah terlanjur raib, sudahlah. Mau menuduh siapa? Hari itu beliaunya menemui beberapa tamu. Dan teman-teman yang lain kan tidak memperhatikan apakah beliau membawa HP atau tidak.
Ada tips agar HP kita aman, yaitu:
1.      Biarkan HP dalam kondisi ON (baterai cukup)
2.      Gunakan HP seperlunya saja
3.      Tinggalkan saja HP di dalam tas
4.      Masukkan HP ke dalam saku, bila berpindah dari tempat satu ke tempat lain, cek lagi apakah HP berada pada posisi yang sama
Semoga kejadian ini hanya sekali ini saja. Kalau masih rezeki teman saya, semoga HP bisa ketemu lagi.
Karanganyar, 15 September 2016