Rabu, 07 September 2016

Estafet Tunas Kelapa Kabupaten Karanganyar 2016

dok.pri
Estafet Tunas Kelapa Kabupaten Karanganyar 2016
Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2016 sudah memasuki wilayah Kabupaten Karanganyar, Rabu (07/09) pagi, yang dimulai dari 14 titik pemberangkatan Kwarcab Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.
Masuknya ETK diserah terimakan lintas Kwarcab, terbagi dalam tiga lokasi, yakni di Jurug berbatasan dengan Kota Surakarta, perempatan Sukosari, Kecamatan Jumantono berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo, dan Waduk Botok, Kecamatan Kerjo berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sragen, untuk menuju sampai tempat persemayaman di SMP Negeri 2 Bangsri, Kecamatan Karangpandan. Diperkirakan pukul 15.00 WIB sudah tiba di lokasi.
Sebelum sampai dengan tempat persemayaman, terdapat etape-etape yang harus dilalui dan dilakukan serah terima. Untuk serah terima di Jurug, diserahkan pasukan ETK Kota Surakarta oleh Wakil Wali Kota Surakarta,  Achmad Purnomo, untuk diteruskan kepada Kabupaten Karanganyar, yang diterima Bupati Karanganyar, Juliyatmono.
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar, Samsi mengatakan, ETK ini diadakan untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, meningkatkan pembinaan khususnya pada Gerakan Pramuka di Jawa Tengah.
“Ini juga sebagai menyemarakkan 55 Tahun Gerakan Pramuka. Kegiatan yang diadakan setiap tahun merupakan tradisi yang dipertahankan dan ditingkatkan untuk membentuk manusia yang berkarakter,” kata Samsi.
Sumber: 
dok.pri

dok.pri
Hari ini, Rabu, 7 September 2016 di Kabupaten Karanganyar ada peristiwa penting. Peristiwa ini berkaitan dengan kegiatan kepramukaan. Semua yang terlibat di dalamnya sibuk. Ya, Estafet Tunas Kelapa. Kebetulan sekolah tempat saya mengajar terletak di Kecamatan Tasikmadu. Dengan demikian, Estafet Tunas Kelapa diterima di perbatasan Kecamatan Jaten dan Kecamatan Tasikmadu.
Di tempat penerimaan ETK ini disediakan panggung kehormatan dan ada tamu undangan. Guru-guru dari SMK Tunas Muda Karanganyar menampilkan sendratari singkat Rama-Sinta.
Rama-Sinta
dok.pri
Seperti biasa, saya mendapatkan tugas mengambil gambar/memotret. Sayang, saya tidak ditempatkan di tempat serah terima ETK. Jadi, saya tak bisa mengambil gambar prosesi serah terima ETK. Saya dan teman-teman yang lain mendapatkan tugas untuk memberikan minuman bagi peserta ETK.
Dari Jaten, peserta ETK berjalan menuju Karanganyar Kota. Di alun-alun, ETK diserahkan.  Saya melihat masyarakat luas sangat antusias melihat/menyaksikan/ terlibat langsung. Ternyata barisan pagar betis tak gentar kena terik sinar matahari. Kebetulan siang ini sangat panas. Semangat adik-adik dan masyarakat sangat luar biasa. Terbukti, sampai di alun-alun masyarakat memadati sekitar tempat yang dilewati ETK.
Rama-Trio Kwek-kwek
dok.pri
Alhamdulillah, sampai di Karanganyar Kota peserta ETK bisa melaksanakan tugas dengan sukses. Tak ada halangan/rintangan yang berarti.  Meskipun udara panas dan sinar matahari mampu membuat kulit gosong namun tak menyurutkan semangat mereka. Semangat-semangat dan selamat menyemarakkan 55 tahun Gerakan Pramuka.
Setelah tugas saya selesai, untuk menghilangkan dahaga dan lapar, saya dan teman-teman, termasuk pemain sendratari makan siang di Sambal Layah Batas Kota.
Karanganyar, 7 September 2016 

Catatan : Awal tulisan, berita saya ambil dan sumbernya ada pada link. Semua foto-foto merupakan dokumen pribadi.