Sabtu, 10 September 2016

Tips Merawat Tenda Agar Awet

Tenda Biru
dok.pri
Tips Merawat Tenda
Bagi orang yang aktif melakukan kegiatan di lapangan khususnya di alam terbuka, seperti kegiatan Pramuka, tenda merupakan salah satu barang yang sangat penting. Keberadaan tenda sangat diharapkan. Apalagi bila awal tahun ajaran baru, bulan Agustus, dan akhir tahun.
Bila ketersediaan tenda tidak banyak atau tidak mencukupi, biasanya orang akan meminjam tenda ke sekolah-sekolah. Hal ini berlaku secara luas. Artinya pinjam-meminjam tenda, itu merupakan hal biasa.
Tenda yang sekarang banyak digunakan ada 2 jenis, yaitu dari kain dan dari bahan parasut. Kalau bahan baku tenda tersebut adalah kain, maka siap-siap atau menyediakan plastic/terpal/deklit untuk mengantisipasi hujan.
Kalau hujan deras, tentu saja kemah pindah ke tempat yang lebih aman alias rumah permanen. Meskipun memakai tenda anti air, tetap saja tidak aman. Pada musim hujan, tenda yang digunakan untuk kemah mudah kotor. Basah, kena tanah basah dan  nodanya bandel. Untuk itu tenda memerlukan perawatan dengan segera.
Tips merawat tenda berbahan kain di bawah ini bisa dicoba agar tenda awet:
1.      Bila kotor segera dicuci agar noda mudah dihilangkan.
2.      Bila robek segera ditutup agar robekannya tidak menjalar ke mana-mana.
3.      Bila basah segera dikeringkan agar tidak berjamur
4.      Bila ada kerusakan sedikit segera perbaiki
5.      Simpan di tempat yang sejuk dalam keadaan aman
Tips merawat tenda berbahan parasut di bawah ini bisa dicoba agar tenda awet:
1.      Bila kotor segera bersihkan dengan cara dilap dengan spon basah. Misalnya menggunakan sabun, maka pakailah sabun yang lembut. Atau dibersihkan dengan menggunakan sampo.
2.      Bila robek segera ditutup dengan rapat agar robekannya tidak semakin besar.
3.      Bila basah segera dikeringkan di tempat yang tidak kena sinar matahari langsung agar tenda tidak cepat rusak. (Tenda yang disimpam dalam keadaan lembab/basah, gampang berjamur)
4.      Bila ada kerusakan sedikit segera diperbaiki, misalnya retsleting atau kancing.
5.      Tiang-tiang menyangga dari logam segera dikeringkan agar tidak berkarat.
6.      Simpan di tempat yang sejuk dalam keadaan aman.
Kalau kita tak bisa mencuci/membersihkan tenda karena repot, segera masukkan ke Laundry. Sekarang banyak jasa Laundry melayani perawatan/pencucian tenda. Di samping lebih praktis, ternyata jasa Laundry ongkosnya terjangkau.
Semoga bermanfaat.
Karanganyar, 10 September 2016