Minggu, 25 Maret 2018

BELAJAR MENJAHIT DENGAN POLA JIPLAK WILIS IDRATI

Pola Jiplak Wilis Idrati
dok.Wilis Idrati

Saya belajar menjahit bahkan mengikuti kursus menjahit tahun 2000. Oleh karena keinginan yang menggebu inilah, akhirnya saya bisa menjahit. Padahal waktu kursus, prosesnya baru tahap membaca dan menggambar pola, belum pada tahap menjahit.

Waktu itu saya bersikeras untuk segera menjahit. Alhamdulillah, saya tidak mengalami kendala yang berarti. Mulai membuat pola, menggunting kain dan menjahit, saya bisa melakukannya dengan rapi.

Untuk memasang saku rok, saya juga bisa. Tapi untuk membuat saku dalam, ini yang sulit. Sebenarnya bisa kalau saya mau terus mencoba.

Dari kursus menjahit inilah, syukur Alhamdulillah, saya bisa membuat baju seragam sekolah sendiri. Hanya saja setiap mau membuat baju, saya harus membuat pola baru. Tahap membuat pola inilah yang membuat saya agak malas. Apalagi sekarang badan saya melar sana-sini. Tentu saja saya harus membuat, menghitung dan menyesuaikan pola.

00000

Saya lupa, sepertinya ada yang mengajak bergabung dengan FB mbak Wilis Idrati. Saya pikir, ini adalah kesempatan baik untuk saya. Mbak Wilis pemilik FB ini ternyata menjual pola jiplak. Sebelum membeli pola jiplak, saya mengikuti FB dan membaca komen-komen.

Kelebihan FB di sini adalah memberikan tutorial secara gratis step by step. Saya bersorak, inilah kursus gratis yang saya cari. Hehe.

Sekarang saya sudah memiliki 2 buah pola jiplak. Saya membeli pola secara online di shopee. Meskipun belum saya praktikkan, setidaknya bila saya mau membuat baju, sudah tidak mengalami kesulitan untuk membuat pola.

Keinginan segera menjahit baju seragam memang ada, tapi kesibukan mengajar dan menulis kadang membuat saya menunda-nunda untuk menjahit baju. Padahal ada kain yang harus segera dijahit.

Kalau ada keinginan pasti ada jalan keluar. Saya ingin bisa menjahit seperti dulu lagi. Saya harus meluangkan waktu, kalau tidak meluangkan waktu, saya akan selalu beralasan REPOT. Kapan tidak repotnya?

00000

Pola Jiplak

Pola Jiplak adalah Pola baju instan yang dibuat dengan sistem komputer dan dicetak diatas bahan vynil banner. perlembar sudah tersedia 5 sampai 6 size sekaligus. garis saling menumpuk namun beda warna. tinggal jiplak pola sesuai kebutuhan size dengan memperhatikan size chart dan kode garis size pada lembaran pola. praktis, hemat dan awet.

Sejarah Pembuatan Pola Jiplak (Menurut mbak Wilis Idrati)
Nama Pola Jiplak sebenarnya spontan keluar begitu saja dari mulut saya. Spontan gak pake mikir  .
Begini sejarah munculnya pembuatan Pola Jiplak ini. sebelum Pola Jiplak ini, saya juga melayani jasa pembuatan pola. Pola handmade, bikin satu satu. Suatu hari ada pelanggan yang kebetulan ingin order pola gamis untuk anak-anaknya. Nah, karena anaknya beliau ini ada beberapa beliau meminta keringanan apakah bisa polanya dijadikan satu kertas tapi dengan beberpa ukuran dan dengan harga yang lebih murah.

Sebenarnya ingin sekali saya memenuhi permintaan si ibu dengan menurunkan harga polanya. Tapi nyatanya saya tak sanggup hehehe.. Karena tenaga yang diperlukan untuk membuat polanya sama saja, mikir dan ngitung2nya juga sama. Hanya kertasnya yang lebih irit dan itupun harganya tidak seberapa.

Mulai dari situ tu saya kepikiran gimana caranya saya bisa jual harga pola dengan harga seminim mungkin dan saya pun tidak terlalu capek dalam proses pembuatannya, adil kan… 

Sampai postingan ini diturunkan, ada beberapa seri pola jiplak yang saya buat :
·         Pola Jiplak Gamis Umbrella Dewasa
·         Pola Jiplak Gamis Umbrella Anak
·         Pola Jiplak Gamis Terusan Simpel A line
·         Pola Jiplak Blus dan Kemeja Wanita
·         Pola Jiplak Kemeja Pria Dewasa
·         Pola Jiplak Koko Dewasa
·         Pola Jiplak Kemeja Anak Laki- laki
·         Pola Jiplak Setelan Koko Anak
·         Pola Jiplak Setelan Piyama
·         Pola Jiplak Kulot , dan
·         Pola Jiplak Rok

Contoh pola jiplak

00000

Ada satu kelebihan yang patut saya acungi jempol untuk mbak Wilis. Mbak Wilis konsisten dan tidak terpengaruh rengekan pelanggan yang ingin dibuatkan pola jiplak baju seksi. Kalau mbak Wilis mau membuat dan menjual pola jiplak baju seksi, bisa jadi laris manis lo.

Ternyata mbak Wilis berkonsentrasi  mengajak kita-kita yang bergabung di halamannya untuk menjahit pakaian syar’i. Menurut saya ini sangat luar biasa.

Sebenarnya, membuat baju seksi, baju tidur dan lain-lain, bisa dilakukan dengan cara memodifikasi, mengurangi atau menambahkan dari pola jiplak buatan mbak Wilis.

Ada keuntungan bila memiliki dan menggunakan pola jiplak Mbak Wilis, yaitu bahannya awet, tidak mudah rusak karena dicetak di atas vinil.

00000

Ala bisa karena biasa. Semoga kebiasaan saya menjahit di masa yang lalu, bisa saya lakukan sekarang. Dengan menjahit baju sendiri, tentu ada pengiritan di sana-sini. Penghematan ongkos jahit inilah bisa digunakan untuk membeli kain dan kembali dijahit.

Ada yang ingin belajar menjahit secara mandiri? Yuk, bergabung dengan Mbak Wilis Idrati. Miliki dan gunakan Pola Jiplak Wilis Idrati.

Sumber bacaan:
www.wilisidrati.com.
Foto : Wilis Idrati

Karanganyar, 25 Maret 2018