Senin, 07 Februari 2022

SETOP BEPERGIAN TETAP DI RUMAH SAJA!



noerimakaltsum.com. Ketika ada orang mengingatkan kita, baik langsung maupun tidak langsung, bila tak sesuai dengan pendapat kita biasanya minimal dalam hati kita bilang: suka suka saya dong. Uang uang saya, nggak usah ngatur ngatur kehidupan orang lain. 

Satu setengah tahun, kita berada pada posisi manut karena pandemi. Tidak mungkin ngeyel, sebab di kiri kanan sudah terlihat jelas bahwa covid benar-benar di dekat kita. Mau tidak mau  suka tidak suka, mau PJJ, PTM terbatas, daring, luring, stay at home, kurangi mobilitas, kita manut. Walau tetap nggedumel: yang ngemol dibiarin, yang piknik dibiarin, yang nongkrong nongkrong dibiarin, pasar ramai tanpa jaga jarak, ada yang nggak pakai masker juga dibiarin.

Sudah, setop. Kita bijak menggunakan waktu dan kesempatan. Kita bijak melakukan kegiatan demi keamanan dan kesehatan. Sekarang ada pelonggaran, bukan berarti kita bebas sebebas bebasnya. Kenapa dulu kita bisa ngerem tapi sekarang tidak? Nggak perlu iri melihat si A dan si B. Kalau tak ada keperluan mendesak, cukup di rumah saja. Bekerja, mencari nafkah, mencari penghasilan, sekolah, kuliah, kursus itu termasuk "mendesak" sesuai peraturan yang berlaku. 

Kalau sekarang mau mudik tipis tipis, ya silakan. Asal kondisi sehat, mudik tipis tipis ke kampung halaman  seperlunya saja, mangga. Ingat, lebaran belum tentu bisa mudik lo. Eh...

#catatanimapenulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar