Rabu, 21 Februari 2024

Betah Baca Alqur'an VS Buka Hp



Dalam sekali duduk, tidak banyak orang yang betah membaca Alqur'an dalam waktu lama. Sebaliknya bila pegang dan buka-buka hp, mampu bertahan. Padahal keduanya tentu memiliki perbedaan manfaat. 

Sejak punya target baca Alqur'an One Day One Juz, saya lebih betah membaca Alqur'an dan mengurangi buka hp untuk hal yang tak perlu. Banyak manfaatnya lo. Misalnya, hidup makin tenang, tidak terpengaruh dengan apa yang ramai di media sosial, lebih cepat khatam Alqur'an, semakin bijak bersikap, pekerjaan lebih cepat selesai, dan lain-lain.

Dengan jarang pegang hp, kuota internet makin awet. Toh selama kuota internet saya matikan ternyata juga tidak ada pesan penting masuk yang perlu segera direspon. Artinya, hp mati pun, hidup tetap berjalan normal.

Oleh karena saya juga tidak terlalu aktif menulis, saya jarang buka hp. Ternyata memang semua ada masanya. Ada masanya lebih banyak pegang hp. Ada masanya lebih banyak waktu membaca Alqur'an. Yang saya alami mungkin berbeda dengan orang lain.

Kalau Anda termasuk betah buka hp karena tuntutan pekerjaan, ya silakan diteruskan. Namun, bila sekadar untuk berselancar, maka sebaiknya dikurangi.

00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar