Selasa, 20 Februari 2024

Cara Menuntaskan Satu Juz dalam Sehari



Setiap muslim harus bisa membaca Alqur'an. Kalau belum bisa, belajarlah. Tak peduli berapa pun usia Anda. Belajar membaca Alqur'an rutin tiap hari. Bila istiqamah, Insya Allah bisa. Sebab huruf Arab mudah dipelajari. Misal, tiap hari belajar membaca selama 15 menit saja menggunakan buku metode Iqra. Kurang dari setahun sudah bisa membaca Alqur'an. Minimal sekali khatam Alqur'an seumur hidup. Alhamdulillah bila bisa khatam Alqur'an berkali-kali.


Saya termotivasi untuk membaca Alqur'an satu juz dalam satu hari. Awalnya berat, terbebani, dan selalu ada alasan gagal satu juz satu hari. Sebab, saya belum tahu strategi untuk menuntaskannya. Godaan untuk melakukan kebaikan selalu muncul.


Awalnya saya berusaha untuk membaca Alqur'an setelah salat wajib 2 halaman, lalu bertambah. Tiap  setelah salat wajib 4 halaman. Ternyata bisa menuntaskan satu juz tiap hari. Namun, sekarang betah dalam sekali duduk membaca lebih lama. Jadi, sebelum Isya' sudah selesai satu juz.


Karena waktu saya di rumah lebih banyak, jadi lebih fleksibel. Kadang setelah salat subuh 4 halaman. Lalu mengerjakan tugas sebagai ibu rumah tangga. Siang hari merampungkan.


Alhamdulillah, saya bisa khatam Alqur'an sekali dalam sebulan. Bagi saya, ini adalah prestasi luar biasa. Semoga bisa istiqamah, one day one juz.


00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar