Selasa, 20 Juni 2023

Berhaji Bawa 6 Stel Baju, Begini Cara Gonta Ganti Pakaian


Barang bawaan jemaah haji sangat dibatasi, beratnya sehingga harus pandai memadupadankan pakaian yang dikenakan. Saya hanya membawa 6 stel pakaian, dan 5 buah kerudung. Gamis putih 1 potong, 1 stel atasan dan bawahan putih, 1 potong kaos putih, 3 gamis, 1 daster, 2 kerudung hitam, 2 kerudung putih, dan 1 kerudung cokelat ukuran jumbo. 

Karena jumlah pakaian terbatas, maka harus pandai mengatur agar pakaian cepat dicuci, dikeringkan lalu dipakai lagi, alias ringgo (garing dinggo). 😂😂😂

Di hotel Namma Mawaddah disediakan mesin cuci. Mesin cuci yang tak pernah berhenti beroperasi karena jemaahnya banyak. Tempat cuci pakaian di lantai Restorasi paling ujung.

Saya mengakali, agar nggak lama antrenya. Cuci dan bilas pakaian di kamar mandi lalu mengeringkan pakaian di tempat pencucian. Setelah dikeringkan, pakaian yang besar dihanger lalu digantung di dalam kamar mandi. Cucian yang kecil, dijemur di dalam kamar ditempelkan pada gordin jendela disemat pakai peniti. Dengan cara demikian, maka tak perlu menunggu lama kering dan hemat barang bawaan. Hahaha.

Ini ternyata dilakukan jemaah secara turun temurun. Semoga cara ini bermanfaat bagi Anda yang kelak akan menunaikan ibadah haji. Namun, ini hanya berlaku di Mekah. Sebab hotel di Madinah, menurut info tidak ada fasilitas mesin cuci. Yo wis rapapa. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar