Selasa, 02 Januari 2024

Beternak Tiga Ekor Ayam Untuk Pemula


Tahun 2002 saya dan suami menempati rumah sendiri yang berada di tengah sawah. Waktu itu ibu mertua membekali kami sepasang ayam kampung. Alhamdulillah, ayam tersebut beranak pinak. Ayam-ayam tersebut tidak dikandang, kami biarkan. Ketika kami memutuskan menanam sayuran, ayam-ayam tersebut sebagian kami jual dan sebagian lagi dimasak untuk lauk.


Sekarang kami memiliki beberapa ekor ayam jantan dan betina. Selain itu ada anak-anak ayam usia 1 bulan. Mungkin kami cocok beternak ayam. Selama ini anak-anak ayam kami jual. Sedangkan ayam remaja saya jadikan lauk. Telur ayam yang tidak ditetaskan saya jual mentah.


Saat pandemi, banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Mereka rela memulai usaha baru yang belum pernah digeluti, yakni menanam sayuran dan beternak ayam dan ikan.


Setelah pandemi berlalu dan kehidupan berjalan dengan normal, banyak orang yang meninggalkan kegiatan bercocok tanam dan beternak. Bagi yang masih bertahan, yuk lanjutkan. Sebab, dalam skala rumahan bercocok tanam dan beternak ayam juga menguntungkan. Keduanya bisa menambah uang dapur atau membuat rekening gendut.


Bagi pemula yang baru akan memulai beternak ayam, memelihara sepasang ayam jantan dan betina sudah cukup. Namun, bila akan mempercepat memperoleh keuntungan, bisa dengan memelihara satu ekor ayam jantan dan dua ekor betina. 


Bila dua ekor betina mulai produksi dan mengeram, dalam waktu berdekatan nanti anak-anak ayam yang dihasilkan cukup banyak. Bisa langsung dijual atau dirawat (dipisah dari induknya). Nantinya ayam betina akan bertelur kembali. 


Bila anak-anak ayam dirawat sendiri, maka diperlukan kandang. Ukurannya tak perlu besar. Kandang ayam bisa dibuat sendiri atau dibeli di toko pakan hewan atau pasar.


Kata orang tua zaman dahulu, menabunglah hewan ternak. Jadi, tabungan berupa ternak. Dalam jangka waktu tertentu bisa dipanen. Keuntungannya luamayan loh.


Yuk, para remaja, ibu rumah tangga dan siapa saja yang mau menambah penghasilan, beternak 3 ekor ayam agar dapur tetap mengepul. Menanam sayuran untuk dijual agar tabungan terus bertambah.


00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar