Jumat, 19 Januari 2024

Sedia Manset Untuk Ihram dan Salat Bagi Perempuan


Bagi perempuan sebenarnya memakai ihram untuk umrah dan haji bisa praktis dan minimalis. Yang penting aurat ditutupi.  Pakaian ihram bagi perempuan adalah pakaian yang menutupi aurat kecuali muka dan telapak tangan. Menurut ulama, untuk tangan batasnya pergelangan tangan. Artinya telapak dan punggung tangan boleh terlihat. Namun, sebagian perempuan sangat berhati-hati dengan menggunakan tutup punggung, bisa berupa handsock atau manset asal bukan kaos tangan.

Ketika salat, aurat perempuan sama dengan saat ihram. Dulu waktu masih kuliah, saya sering menjalankan salat di mushala fakultas atau masjid kampus hanya memakai busana muslim, kaos kaki, kerudungnya agak lebar agar bisa menutup tangan. Praktis dan tetap menutup aurat. 


Saat di Mekah dan Madinah, saya cukup memakai gamis, kaos kaki, kerudung besar, dan manset. Saya memakai manset untuk menutup tangan hingga yang terlihat telapak tangan dan jari. Punggung tangan tertutup manset. Selesai salat, manset tinggal dilepas begitu saja. Saya tidak perlu menggunakan mukena lagi.

Sekarang di dalam tas saya siapkan handsock, manset, dan sajadah kecil. Kalau pas bepergian dan telah masuk waktu salat, tidak perlu pakai mukena. Beda dulu beda sekarang. Dulu sudah pakai busana muslim, tapi tetap memakai mukena saat salat.


00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar