Rabu, 17 Januari 2024

Merawat Kelinci Setelah Melahirkan


Tanggal 10 Desember 2023, saya diberi hadiah oleh suami berupa sepasang kelinci, bulunya putih dan loreng putih kuning. Sebelumnya saya memiliki seekor kelinci betina berwarna cokelat. Tiga ekor kelinci akhirnya saya lepas dari kandang. Kelinci-kelinci tersebut kawin. 

Setelah sebulan, kelinci cokelat milik saya mulai membuat sarang dengan mencabut bulu-bulunya pakai mulut. Tanggal 15 Januari 2024, lahir 2 ekor anak kelinci kulit hitam dan merah. Setelah berumur 3 hari, anak kelinci hitam tumbuh bulu hitam dan yang merah tumbuh bulu putih.


Induk kelinci setelah melahirkan tidak mau menyusui anaknya, sehingga saya berusaha untuk menyusukan anak kelinci pada induknya secara manual. Memegang kelinci yang belum ada bulunya rasanya geli. Tapi ya harus berani pegang. Bismillah.

Saya melihat yutub terlebih dahulu agar berhasil menyusukan anak kelinci. Caranya nggak sulit. Induknya dipegang dengan tangan kiri bagian kedua telinga dan kaki depan kanan. Lalu pegang kedua kaki belakang dengan tangan kanan. Lalu induk dipegang (dipithing, Basa Jawa) di atas kain. Anak-anak kelinci didekatkan ke induknya. Secara naluri, anak kelinci akan mencari puting susu ibunya lalu menyusu. 

Gerakan anak-anak kelinci cukup aktif. Jadi, saat menyusu badannya tak mau diam dan tenang sehingga bergerak ke sana kemari sambil mencari puting ibunya. Bila ada 2 orang yang merawat, yang satunya lagi memegang anak kelinci biar tidak over gerakannya. Dengan seperti itu induknya nyaman dan anak kelinci cepat kenyang.

Kalau sudah cukup, kembalikan induknya ke dalam kandang. Anak-anak dimasukkan satu kandang dengan induk yang diberi sekat. Di atas papan diberi kain agar hangat. Tutup rapat kandang dengan papan kayu. Selain berfungsi untuk menghangatkan, papan kayu juga untuk mengamankan penghuninya.


Setiap hari kandang dibersihkan. Kotoran dan sisa makanan dikumpulkan, dijemur, lalu disimpan. Kotoran kelinci dan kompos inj saya gunakan untuk memupuk tanaman di teras dan halaman.

Semoga nanti anak-anak kelinci bisa tumbuh dengan sehat dan bisa dijual. Hehe. Di samping itu, infuknya bisa segera kawin dan punya anak lagi. 🐇


00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar