Jumat, 23 September 2016

Membaca 15 Menit Selain Buku Pelajaran Sebelum KBM

Membaca 15 Menit Selain Buku Pelajaran Sebelum KBM
dok.pri
Kebiasaan membaca yang diawali dari rumah, bersama keluarga, Ayah, Ibu dan anak-anak merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dengan membaca, pengetahuan kita akan bertambah, ilmu kita semakin berkembang. Kita menjadi manusia dinamis, bukan statis. Rasanya tidak ada alasan untuk tidak membaca.
Demikian juga ketika di sekolah, siswa dan guru sebagai keluarga di kelas, membiasakan diri untuk membaca. Membaca selain buku pelajaran selama lima belas menit. Tujuannya adalah untuk memotivasi agar siswa gemar membaca dan merasa tidak terbebani selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Guru sudah seharusnya memberi teladan, memberi contoh untuk gemar membaca. Dengan membaca (banyak membaca) wawasan dan ilmu pengetahuan akan semakin banyak. Guru lebih menguasai materi.
Siswa-siswa sekarang kritis. Bila bertanya kadang-kadang di luar materi pelajaran. Guru dituntut untuk bisa menjawab pertanyaan siswa. Jawabannya harus logis. Agar jawaban yang disampaikan tidak menimbulkan keragu-raguan, guru harus memiliki beberapa referensi. Paling tidak guru bisa memberikan jawaban yang tepat.
Kadang, siswa bertanya bukan karena tidak tahu. Akan tetapi pertanyaan siswa sifatnya hanya untuk mengetes gurunya. Apakah guru tersebut bisa menjawab/menguasai materi atau bukan.
Di kantor gerakan membaca mungkin sudah berjalan, yaitu membaca Koran. Akan tetapi ternyata hanya beberapa siswa saja yang suka memanfaatkan waktu untuk membaca Koran, buku atau apa saja di perpustakaan (bila waktu istirahat tiba).
Bila guru dan siswa memiliki kebiasaan membaca ketika di rumah, maka di sekolah pun guru dan siswa juga akan menggunakan waktu luangnya untuk membaca. Nah, kalau sudah membaca lalu menulis.
Menulis, bagi sebagian orang adalah pekerjaan yang tidak menyenangkan. Sama halnya dengan membaca, menulis juga perlu pembiasaan dimulai dari rumah. Agar tidak merasa jenuh, maka siswa diminta untuk menulis selain materi pelajaran. Membaca selama lima belas menit dan menulis selama lima belas menit, tentang materi di luar materi pelajaran, rasanya menyenangkan. Kalau membaca dan menulis dianggap aktivitas yang menyenangkan, maka bersiap-siaplah untuk menyediakan buku bacaan selain buku pelajaran.
Semoga bermanfaat.
Karanganyar, 23 September 2016