Senin, 11 Maret 2024

Dapur Bersih Dalam Lima Menit


Ibu-ibu biasanya langsung gerak cepat bila mendapatkan kabar akan ada tamu datang mendadak, sementara rumah sedikit berantakan. Setelah ruang tamu dan ruang keluarga, beres-beres secepat kilat juga dilakukan di kamar tidur. 


Tiap ruangan 5 menit biasanya cukup membantu. Setelah itu pindah ke dapur. Piring, gelas, sendok dan perabotan dapur yang kotor segera dicuci. Menyapu dan mengelap meja dapur (meja makan) seperlunya. Sampah dimasukkan ke dalam wadah lalu ditaruh di tempat yang tidak langsung bisa dilihat oleh tamu. Pokoknya sat-set. 


Sambil menunggu kedatangan tamu, biasanya masih sempat untuk merapikan ini itu. Bagaimanapun, rumah rapi adalah tempat yang nyaman. Tidak semua keluarga mau berbagi peran dalam merapikan rumah. Bagi perempuan, itu tak masalah asal tidak ada yang memojokkan atau protes saat rumah tidak rapi.


Sebenarnya agar rumah rapi sepanjang hari, terutama dapur, caranya dengan  mengurangi barang. Benda yang disediakan cukup minimalis. Nggak perlu ada cadangan. Barang yang tidak terpakai disimpan. Kalau perlu barang yang tak dibutuhkan dalam jangka waktu lama, lebih baik didonasikan. Dijamin, dapur rapi. 


00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar