Senin, 18 Maret 2024

Manfaat Galon Air Mineral



Kesadaran orang minum air putih dalam jumlah cukup semakin bertambah. Tentu saja ini merupakan kabar yang baik. Air putih yang biasa dikonsumsi adalah air mineral kemasan, air mineral isi ulang, dan air sumur atau air putih dari PAM (matang).

Air sumur atau PAM sebelum dikonsumsi terlebih dahulu dimasak. Bila mau praktis bisa dengan membeli air minum kemasan atau isi ulang. Air minum isi ulang  bisa dibeli di depot. Sedangkan air mineral dalam galon tersedia di toko dan warung. 

Salah satu perusahaan ada yang menjual air mineral tapi tidak menyediakan air isi ulang. Jadi, bila mau membeli air mineral sama ukuran besar maka harus membeli wadahnya juga. Apa artinya? Artinya sampah plastik semakin banyak.

Tentu saja sampah plastik menjadi masalah. Kalau mau praktis tinggal dijual, selesai. Namun, wadah plastik galon tersebut bisa dimanfaatkan, lo. Berikut manfaat wadah plastik galon, yaitu:

1. Pot

Galon plastik bisa digunakan untuk menanam sayuran. Banyak orang yang menggunakan untuk menanam sayuran dan memelihara ikan sekaligus. Caranya galon plastik dipotong bagian atas (beberapa cm dari mulut galon). Potongan bagian atas inj diberi media tanam untuk menanam sayuran. Bagian ini ditaruh di atas. Potongan bagian bawah untuk memelihara ikan. 

Galon plastik juga bisa fipotong menjadi 2 bagian sama besar atas dan bawah. Keduanya bisa dipakai untuk menanam tanaman hias atau sayuran setelah diberi lubang untuk aliran air.

2. Tabungan

Menabung tidak perlu ke bank. Menyimpan uang bisa dilakukan di rumah dengan cara memasukkan uang ke suatu wadah. Bisa celengan dari kaleng roti, stoples bekas wadah wafer, makanan ringan, sosis, botol minuman, atau galon plastik. Tinggal masukkan uangnya ke dalam galon plastik. Simpan di tempat yang aman, jauh dari jangkauan tangan tak bertanggung jawab. Kalau sudah cukup tinggal dibongkar. Menabung dalam wadah ini dijamin aman dari serbuan rayap.

3. Wadah air

Saya memanfaatkan galon plastik untuk menyimpan air selain toren. Ternyata saat kehabisan air tandon, aliran air PAM mati pada siang hari, maka simpanan air dalam galon plastik ini bermanfaat.

4. Wadah beras

Saya menyimpan beras di dalam galon plastik. Bagian dekat mulut galon dipotong untuk memasukkan dan mengambil beras. 

5. Wadah sampah

Beli galon plastik di tempat abang abang sampah. Kadang malah diberi karena sudah akrab. Kalau beli tempat sampah dari plastik harganya mahal, maka saya menggunakan galon plastik untuk tempat sampah termasuk sampah makanan dan kotoran kelinci.

6. Pengomposan

Di rumah kebetulan banyak sampah daun. Sebab, di sekitar rumah banyań∑ pohon tahunan, rumput, dan lain-lain. Daun kering, daun segar dicampur tanah secara berlapis untuk dibuat kompos. Nah, galon plastik ini bisa digunakan untuk tempat pengomposan.

7. Pelihara ikan

Untuk mendapatkan suasana berbeda, bisa memelihara ikan di galon plastik. Memelihara ikan tak harus di dalam kolam. Memelihara ikan di galon plastik cocok untuk kegiatan anak-anak.

Demikian beberapa manfaat galon plastik. Barangkali kamu punya ide yang lain, bisa ditambahkan ya....

00000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar