Jumat, 24 Juli 2020

DAPATKAH MEMBACA ALQURAN ONE DAY ONE JUZ?



noerimakaltsum.com. Dapatkah saya membaca Alquran satu juz dalam satu hari? Mungkin ½ juz, 6 halaman, 4 halaman, 2, halaman, 1 halaman atau beberapa ayat saja dalam sehari. Sebenarnya kalau ada kemauan, saya bisa menyelesaikan membaca Alquran 1 juz dalam sehari.

Berawal dari program khataman yang diadakan oleh teman-teman alumni SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun 1987. Saya berusaha untuk segera menyelesaikan 1 juz bacaan Alquran. Saya menggunakan cara mencicil setiap setelah selesai salat wajib. Walaupun tidak lancar, saya berusaha untuk membaca Alquran setiap hari.

Dalam program khataman ini, 30 juz dibaca oleh banyak orang. Setiap orang boleh memilih juz mana yang akan dibaca atau beberapa juz. Di sini yang akan membaca Alquran sesuai juz yang diplih tidak perlu menunggu juz sebelumnya dibaca oleh teman yang lain. Dengan demikian, khataman bisa dilakukan pada hari kelima belas atau kurang.

Bagi saya, program ini sangat bermanfaat. Sebab saya bisa mengkhatamkan Alquran lebih cepat dari sebelumnya. Teman-teman yang lain juga merasakan manfaat program khataman bersama ini. Mungkin awalnya mau tidak mau harus menyelesaikan bacaan Alquran 1 juz. Namun, lama kelamaan pasti kebiasaan positif ini terasa nikmat.

Kembali ke pertanyaan awal: dapatkah menyelesaikan bacaan Alquran 1 juz setiap hari? Jawabannya adalah bisa. Membaca Alquran diniatkan karena Allah , bukan yang lain.  Bila niatnya lillahi ta’ala maka Allah akan memberikan kemudahan pada saya untuk melakukannya.

Buat teman-teman yang bergabung di program khataman bersama, saya ucapkan selamat. Semoga niat kita yang lurus diberikan balasan dari Allah. Yuk, baca quran! Yuk, one day one juz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar