Rabu, 29 Juli 2020

Mengapa Kamu Harus Ikut Kelas Menulis?



noerimakaltsum.com. Wahai, kamu yang sedang belajar menulis mulai dari nol! Kamu harus benar-benar mau belajar menulis dari mana saja dan dari siapa saja. belajarlah menulis dengan baik. Bila kamu sudah berniat menjadi penulis, maka kamu harus rela berkorban. Persiapkan dirimu menjadi penulis yang tulisannya bermanfaat bagi pembaca atau orang lain.

Bila kamu ingin menjadi penulis yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain, maka setop menulis sesuatu yang bersifat sampah atau nyampah. Bila kamu menulis hanya nyampah, kamu telah rugi waktu dan energi.

Kalau  belum bisa menulis dengan baik, kamu bisa belajar dari tulisan orang-orang di media sosial. Kamu bisa menulis ala-ala tulisan mereka yang tulisannya sudah baik atau penulis professional. Dari media sosial, kamu bisa belajar secara gratis. Hanya saja, kamu perlu menyediakan kuota yang besarnya tak seberapa.

Namun, bila kamu ingin dibimbing oleh orang yang berpengalaman, sebaiknya kamu mengikuti kelas menulis. Sekarang banyak dibuka kelas menulis baik secara tatap muka maupun jarak jauh. Tentu saja kedua kelas tersebut ada kelebihan dan kekurangan. Kamu bisa mengikuti kedua kelas tersebut baik yang gratis maupun berbayar.

Ilmu Itu Mahal
Tulisan berikut adalah pengalamanku belajar secara offline atau tatap muka. Belajar secara cuma-cuma alias gratis.

Setiap dua minggu sekali aku ikut pertemuan penulis-penulis di Yogyakarta. Dapat ilmunya gratis, tapi untuk mendapatkannya, aku harus rela meluangkan waktu seharian. Aku tinggal di Karanganyar. Aku meninggalkan keluarga, menempuh perjalanan panjang dan melelahkan. Namun, ilmu yang kudapat jauh lebih mahal.

Pengorbananku tidak sia-sia. Jadi, untuk belajar menulis memang harus "membayar mahal". Bukan mahal secara materi, ya. Untuk itu, bagi yang tidak mau kehilangan waktu banyak di perjalanan demi ilmu, silakan belajar di kelas-kelas menulis. Kalau kamu ikut kelas menulis berbayar, percayalah nanti biayanya bakal kembali dalam waktu dekat alias cepat balik modal (khusus bagi yang itung-itung ikut kelas berbayar).

Aku bisa menuliskan pengalaman ini karena telah merasakan manfaatnya berjuang menuntut ilmu dengan "membayar mahal" tapi hasilnya juga besar.  Kapan kamu akan masuk kelas. Jangan khawatir, bila kamu mengikuti kelas berbayar, lelahmu bakal dibayar mahal. Dompetmu bakal penuh dengan cring-cring.

#catatanimapenulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar