Sabtu, 21 Januari 2023

Cara Menghafal Doa-doa Penting Untuk Berhaji


Labaik Allahumma labaik

Umat Islam sedunia saat ini akan menyambut bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan keberkahan. Umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa. Beberapa bulan kemudian umat Islam menyambut bulan yang ditunggu-tunggu oleh para jemaah haji, khususnya umat Islam di Indonesia.

Haji adalah rukun Islam kelima. Hukumnya adalah wajib bagi yang memiliki kemampuan. Ibadah haji dilaksanakan pada waktu dan tempat tertentu. Bagi jemaah haji kuota 2020 yang belum berangkat, insya Allah tahun ini bisa berangkat. 

Dalam pelaksanaannya, jemaah harus bisa mandiri saat di tanah suci. Benar juga kalau semua nanti ada pembimbing atau pemandunya. Namun, akan lebih mudah bila jemaah telah memiliki bekal minimal, doa-doa pendek yang bisa dihafalkan sendiri.

Jemaah haji sebelum berangkat pasti telah mengikuti bimbingan, pelatihan, simulasi, dan latihan fisik lainnya. Jemaah hanya cukup tahu bagaimana cara thawaf, sai, halalul, wukuf, lempar jamarat, bermalam di Mina, Muzdalifah. Tentang doa yang boleh dibaca saat pelaksanaan haji, tentu saja "harus bisa minimal" doa terpendek. Kalau tak bisa dengan bahasa Arab, boleh pakai bahasa sendiri.

Mumpung masih ada waktu untuk belajar dan menghafal doa, silakan baca doa secara berulang-ulang dengan suara yang mampu kita dengarkan. Bacalah setelah selesai salat wajib, meluangkan waktu, ketika berjalan-jalan, ketika bepergian. Kapan saja dan di mana saja, perbanyak membaca doa. 

Insya Allah nanti bisa membaca doa yang mudah dihafal, pendek, dan kita tahu maknanya. 

Masih ada waktu. Kalau kita memiliki waktu yang cukup untuk membuka sosmed, ngobrol-ngobrol atau ber-me time, tentu bisa dong meluangkan waktu untuk menghafal doa.

Selamat mencoba.

00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar