Minggu, 08 Januari 2023

Manasik Haji di Edupark Alaska Mojogedang Kabupaten Karanganyar


Hari Ahad, 8 Januari 2023, jemaah haji 2023 yang bergabung di KBIHU Zam-zam melaksanakan manasik di Edupark  Alaska Mojogedang Kabupaten Karanganyar.

Kali ini adalah praktik haji. Dimulai dengan mandi (mengguyur seluruh badan), memakai wangi-wangian lalu memakai pakaian ihram. Bagi perempuan pakaian ihram adalah pakaian menutup aurat secara syar'i yang kelihatan adalah muka dan telapak tangan. Bagi laki-laki memakai 2 kain ihram tak berjahit. 

Setelah memakai pakaian ihram lalu mengucapkan niat berhaji. Labaika hajjaa. Temaah  menuju Mina untuk tarwiyah. Setelah tarwiyah lalu menuju Arofah untuk wukuf. Saat wukuf diawali dengan khutbah wukuf. 

Selesai khutbah melaksanakan salat zuhur dan asar. 

Tanggal 10 Dzulhijah, jemaah melaksanakan jumrah aqabah. Setelah melempar jumrah aqabah, jemaah bertahalul dengan memotong rambut. Saat itu bukan lagi talbiyah yang dikumandangkan. Jemaah mengumandangkan takbir. Setelah tahalul, jemaah laki-laki boleh memakai pakaian biasa (bukqn pakaian ihtam)

Tanggal 11 Dzulhijah, jemaah melempar jumrah ula, wustha, dan aqabah.

Tqnggal 12 Dzulhijah, jemaah melempar jumrah ula, wustha, dan aqabah. Bagi yang nafar awal, maka jemaah kembali ke maktab/pondokan. 

Bagi yang melakukan nafar tsani, tanggal 13 Dzulhijah melempar jumrah ula, wustha, dan aqabah. Setelah itu kembali ke maktab.

Langkah berikutnya adalah melakukan thawaf ifadhah, sai, tahalul. (Memakai pakaian biasa)

Selesai sudah pelaksanaan ibadah haji.

Manasik kali ini dimulai sekitar pukul 06.30 dan selesai sekitar pukul 09.00. Alhamdulillah kegiatan manasik kali ini berjalan dengan lancar.

00000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar