Rabu, 04 Januari 2023

Pilih Bawa Uang Riyal dari Tanah Air atau Bawa ATM

 


Dua kenalan saya membagikan pengalamannya soal uang riyal yang akan dibawa ke tanah suci. Kebetulan dua orang kenalan saya ini memiliki pengalaman berbeda soal uang riyal di tanah suci saat menunaikan ibadah haji tahun 2022.

Yang pertama Pak Teguh. Beliau berbagi pengalaman, membawa uang riyal dari tanah air secukupnya saja. Sebab living cost yang kita terima 1500 riyal cukup untuk membayar dam, tarwiyah, iuran, dan berbelanja. Seandainya tidak membawa uang riyal sendiri dari rumah, kita bisa membawa kartu ATM. Pak Teguh menyarankan untuk tidak mrmbawa uang dalam jumlah banyak dari tanah air. Kartu ATM ini bisa digunakan menarik uang riyal.  Namun, setiap menarik uang lewat ATM kita dibebani biaya 20.000-25.000 rupiah.

Pengalaman kedua dari Mbak Rini. Mbak Rini malah menyarankan menukar uang rupiah dengan riyal di tanah air. Menurut Mbak Rini terlalu repot kalau menarik uang riyal dengan kartu ATM saat di tanah suci. Lagi pula kita tidak bisa mengambil uang dalam jumlah banyak. Sebab nanti akan ditolak. Dalam satu hari pengambilan dibatasi. 

Menurut saya, pengalaman 2 orang kenalan saya cukup sebagai pengetahuan. Sebab, saya dan suami tidak memiliki uang berlebih. Jadi, saya dan suami juga membawa uang sedikit. Ya, tahu sendiri, kami berdua adalah pasangan minimalis.

00000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar